Pemprov Sumbar Jamin Ketersediaan Angkutan Lebaran

"Dinas Perhubungan Sumbar mencatat, saat ini tersedia sebanyak 2.587 angkutan"
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjamin ketersediaan angkutan umum selama musim mudik-balik lebaran tahun 2017. Tahun ini, pemerintah memprediksi jumlah pemudik akan naik lima persen dari tahun lalu.

Berdasarkan perhitungan pemerintah, jumlah penumpang pada mudik lebaran tahun ini diperkirakan sekitar 574.437 orang, naik lima persen dari 2016 yang mencapai 547.083.

Terkait hal itu, Dinas Perhubungan Sumbar mencatat, saat ini tersedia sebanyak 2.587 angkutan darat seperti bus yang menyediakan sebanyak 1,12 juta tempat duduk untuk pemudik.

"Dengan jumlah yang kita punya, lonjakan penumpang masih bisa teratasi," kata kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran.

Dari jumlah angkutan yang ada tersebut, 666 diantaranya merupakan kendaraan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), 1.693 Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), 70 mobil yang melayani Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP), dan 158 bus pariwisata.

Amran juga menyebut, pihaknya juga memastikan kelayakan angkutan lebaran sehingga penumpang aman dan nyaman saat mudik dan balik.

"Setiap kendaraan yang layak operasi akan ditempeli sticker 'angkutan lebaran' di bagian kaca depannya, sehingga dengan itu masyarakat bisa mendapatkan dan menetukan kendaraan mana yang akan dinaiki," pungkas Amran kemudian.(*)