Waspada Saat Mudik di Kawasan Lintas Barat Pasbar

"Kondisi jalan nasional yang ada di Pasaman Barat mulai dari Batang Tian Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman hingga Simpang Tiga Alin Nagari Muaro Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh"
Kondisi aspal jalan di Pasbar (KLIKPOSITIF/Buyung)

PASBAR,KLIKPOSITIF -- Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Pasbar Irwan Effery mengatakan, kondisi jalan raya lintas Pasaman Barat disejumlah titik mengalami kerusakan yang dapat membahayakan pengendara dan mengundang maut.

"Kondisi jalan nasional yang ada di Pasaman Barat mulai dari Batang Tian Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman hingga Simpang Tiga Alin Nagari Muaro Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh terdapat kerusakan berfariasi. Kerusakan tersebut mulai dari Lobang-Lobang berukuran besar antara 20 - 30 sentimeter, aspal yang tergelupas hingga tidak ratanya kondisi aspal jalan raya" kata Effery, Selasa (13/6).

Hal tersebut disampaikannya juga terkait beberapa kejadian kecelakaan lalulintas yang terjadi di daerah itu, akibat kerusakan jalan, salah satunnya kecelakaan truk bermuatan Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit yang terjadi beberapa waktu lalu akibat adanya jalan berlobang disekitar kawasan Pasaman Barat.

Sebeb itu, dinas terkait mengimbau kepada pengguna jalan raya lintas barat Pasaman Barat agar waspada jika melakukan mudik lebaran melewati jalan nasional mulai dari Batang Tian hingga Simpang tiga Alin kondisi jalan raya banyak mengalami kerusakan.

"Disamping kerusakan jalan yang mengkhawatirkan sejumlah lampu penerangan jalan pun minim ditemui sepanjang jalur lintas ini," jelasnya.

Senada dengan itu, Kasat Lantas Polres Pasbar Indra, mengatakan sepanjang jalan lintas Pasaman Barat mulai dari Batang tian hingga batas sumut rawan akan kecelakaan diakibatkan tidak rata dan mulusnya kondisi jalan sepanjang jalur ini.

"Kami menghimbau kepada pengendara terutama para pemudik yang akan pulang kampung untuk lebih hati-hati jika melewati jalur ini," jelasnya. [Buyung Fajri]