Antisipasi Bencana Alam, 61 Alat Berat Disiagakan

"H -7 alat sudah dilokasi, namun untuk insidentil saat ini sudah mulai, jika ada lonsor maka alat berat tersebut dapat lansung diturunkan"
ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan untuk memastikan keselamatan pengguna jalan raya saat arus mudik dan balik Idul Fitri 1438 Hijriah, pemerintah provinsi daerah setempat melalui Dinas Pekerjan Umum menyiapkan 61 unit alat berat yang siap bekerja sejak H -7 hingga satu minggu setelah lebaran.

"H -7 alat sudah dilokasi, namun untuk insidentil saat ini sudah mulai, jika ada lonsor maka alat berat tersebut dapat lansung diturunkan," Kata Nasrul Abit, di Padang, Selasa (13/6).

Ia menjelaskan, Alat berat yang akan disiagakan didaerah rawan longsor seperti di Malalak, Sicincin, disepanjang ruas jalan perbukitan arah Pessel Bungus Teluk Kabung, Malibo Anai dan Lubuk Paraku.

"Kami siagakan arah ke Bukittinggi, Tanah Datar, Padang Panjang, Solok, Solok Selatan dan Lima Puluh Kota, dan daerah lain yang rawan longsor saat musim hujan," ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Barat Fahtol Bahri menyebutkan saat ini dinas PU Sumbar terus mengupayakan dalam memberikan kenyamanan bagi pemudik yang akan berlebaran di Sumbar. Tidak hanya menyiapkan alat berat, PU Sumbar juga tengah berusaha menyelesaikan ruas jalan yang tengah dilakukan perbaikan.

“Untuk kesiapan menghadapi lebaran kita telah hearing dengan komisi IV DPRD Sumbar. Untuk kawasan yang dianggap rawan longsor disiagakan alat berat, baik jalan provinsi ataupun nasional. Untuk pemeliharan jalan juga kami lakukan, dimana semua jalan yang tengah dilakukan perbaikan telah bersih dan nyaman dilewati pengguna jalan,” sebutnya.

Ia menambahkan, alat berat yang disiagakan sejak H -7 hingga H +7 setelah lebaran tersebut disiapkan untuk membantu memberikan rasa aman bagi pemudik saat lebaran. Dengan adanya alat berat tersebut, tentunya disaat terjadi bencana longsor maka tidak berdampak terlalu parah menyebabkan kemacetan di jalan raya, karena bisa dengan cepat material yang menutupi ... Baca halaman selanjutnya