Jumlah Zakat ASN Pemprov Sumbar Capai Rp500 Juta

"Jumlah tersebut dikumpulkan dari 8000 orang ASN di lingkungan Pemprov Sumbar"
Zakat (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerahkan zakat yang dikumpulkan melalui pemotongan sebesar 2,5 persen dari tunjangan daerah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbarbulan Juni 2017 ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar.

Zakat yang dikumpulkan sebanyak Rp.494.455.000. Jumlah tersebut dikumpulkan dari 8000 orang ASN di lingkungan Pemprov Sumbar, tahun ini belum termasuk 12 ribu pegawai SMA/SMK yang ke kewenangannya ditarik ke provinsi.

Irwan Prayitno mengatakan, setelah selesai masa transisi, pembayaran zakat untuk pegawai SMA/SMK perlu dipikirkan bagaimana pula kewajiban zakatnya nanti.

"Sebenarnya membayar zakat tidak hanya diwajibkan kepada ASN, tetapi kewajiban zakat tersebut merata bagi seluruh umat muslim," katanya.

Sementara Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat Syamsul Bahri Khatib menyebut penyerahan zakat hari ini memang dilakukan secara nasional, karena beriringan dengan memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Di Sumbar sendiri, telah dilakukan sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Tadi gubernur telah menyerahkan zakat penghasilan pegawai ke Baznas hampir Rp500 juta yang merupakan zakat ASN di lingkungan Pemprov Sumbar," ucapnya.

Buya Syamsul Bahri Khatib juga berharap, dengan adanya menggaungkan zakat ini, juga ikut dilakukan oleh pemerintah di kabupaten dan kota di Sumbar. Karena secara provinsi di Indonesia, telah melakukan penyerahan zakat per Juni 2017.

[Joni Abdul Kasir]