Puncak Arus Mudik di BIM Diprediksi Mulai H -5 Idul Fitri

"Pada H-5 atau 20 Juni 2017 jumlah penumpang yang datang ke melalu BIM diperkirakan mulai meningkat, seperti tahun-tahun sebelumnya"
Ilustrasi (pixabay)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Manajer Operasional PT Angkasa Pura (AP) II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman, Sumatera Barat, Alzog Pendra Budhi, menyatakan, untuk arus kedatangan pemudik di bandara tersebut diperediksi akan terjadi lonjakan mulai H -5 Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Pada H-5 atau 20 Juni 2017 jumlah penumpang yang datang melalu BIM diperkirakan mulai meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, dan puncaknya diperkirakan akan terjadi satu hari jelang lebaran," kata Alzoq, kepada KLIKPOSITIF.COM, saat dihubungi dari Padang, Kamis (15/6).

Ia menambahkan, dua minggu sebelum lebaran, arus kedatangan di BIM masih normal, dan belum ada lonjakan penumpang, namun mulai hari ini (15/6) di BIM telah dibuka posko Lebaran 2017, yang siap membantu para penumpang, dan juga memebrikan informasi lengkap terkait penerbangan.

Posko lebaran di BIM menurutnya akan beroperasi hingga h +10 Idul Fitri atau Rabu (5/7).

"Setiap masyarakat dapat mengetahui perkembangan terkait penerbangan di posko yang telah didirikan ini, mulai dari penerbangan ekstra, hingga jadwal penerbangan lainnya, demikian juga dengan tenaga kesehatan serta keamanan yang juga ditingkatkan, dengan adanya personel kepolisian dan pihak terkait lainnya yang siap siaga di BIM," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, terkait penerbangan, diakuinnya saat ini pihak maskapai penerbangan dengan tujuan atau berangkat dari BIM, juga belum memberlakukan penerbangan ekstra, dan diprediksi baru diberlakukan mulai H -5 saat lonjakan penumpang mulai terjadi.

Pada tahun 2016 jumlah penumpang yang datang menggunakan pesawat dan mendarat di BIM tercatat lebih dari 7.334 pemudik. (*)