BPJS Kesehatan Siapkan Layanan untuk Pemudik

Kepala BPJS Ksehatan Cabang Solok Ardiansyah bersama Wakapolres Kompol Sumintak dan lainnya memberikan keterangan pada wartawan.
Kepala BPJS Ksehatan Cabang Solok Ardiansyah bersama Wakapolres Kompol Sumintak dan lainnya memberikan keterangan pada wartawan. (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan jelang hari raya Idul Fitri. Peserta JKN-KIS yang mudik Lebaran dijamin bisa memperoleh layanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana dan diimbau untuk senantiasa membawa kartu agar lebih gampang mendapat layanan.

"Peserta JKN-KIS yang sedang mudik tetap mendapat layanan kesehatan tanpa harus melapor ke kantor BPJS Cabang setempat," ungkap Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Solok, Ardiansyah saat jumpa pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Kamis 15 Juni 2017.

Peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Kebijakan penyederhanaan prosedur layanan tersebut mulai efektif sejak 19 Juni 2017 hinngga 2 Juli 2017 mendatang.

Baca Juga

Peserta JKN-KIS yang kebetulan sakit atau butuh pelayanan kesehatan saat perjalanan maupun sudah sampai di kampung halaman tetap bisa mendapat pelayanan kesehatan tanpa harus melapor di Kantor BPJS Setempat. Hal ini mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

Hal ini hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang tengah mudik, dengan catatan kepesertaan masih aktif. Dia meminta agar masyarakat senantiasa melakukan pembayaran premi tepat waktu sehingga keanggotaan selalu aktif dan dapat dimanfaatkan sewaktu dibutuhkan.

"Untuk pengecekan iuran peserta bisa dilakukan melalui aplikasi kesehatan BPJS Kesehatan Mobile," terang Ardiansyah didampingi Wakapolres Solok Kota, Kompol Sumintak.

Untuk memastikan kelancaran layanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan aplikasi mudik yang dapat didownload melalui Google Playstore untuk perangkat Android. Dalam aplikasi terdapat layanan nomor penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, Faskes mitra BPJS kesehatan dan banyak lainnya.

Meskipun tengah libur Lebaran, masyarakat tetap bisa melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan dengan menghubungi BPJS Kesehatan care center di 1500400 maupun untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, konsultasi kesehatan dan banyak lainnya. BPJS Kesehatan Care Center aktif 24 jam setiap harinya.

Secara Nasional, BPJS Kesehatan membuka 8 posko mudik di titik-titik padat pemudik untuk memberikan layanan. Terminal pulo gebang, stasiun Bandung, stasiun Yogyakarta, terminal Tirtonadi Surakarta, terminal Bungurasih Surabaya, pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, pelabuhan Gilimanuk Bali serta pelabuhan merak banten.

"Posko mudik BPJS Kesehatan tersebut digelar selama 21 - 24 Juni 2017. Disediakan layanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi dan lainnya," sebut Ardiansyah.

Meski libur lebaran, BPJS Kesehatan Cabang Solok juga menyediakan layanan di kantornya di Kawasan sawah Ladang, Kelurahan Tanjung Paku atau tidak jauh dari lampu merah pandan ujung. Ada piket yang siap memberikan layan kepada peserta dari tanggal 24 juni hingga 2 Juli 2017.

[Syafriadi]

Editor: Agusmanto