Dikunjungi Gubernur, Masyarakat di Pasaman Ini Keluhkan Air Bersih

"Keluhan disampaikan langsung kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat safari Ramadan di Masjid Nurul Iman daerah itu"
Safari Ramadan Gubernur Sumbar ke Pasaman. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kekurangan air bersih lebih dari dua tahun, masyarakat Sei Ranyah Hilir, Jorong VI, Nagari Languang, Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman menyampaikan keluhan kepada pemerintah daerah. Keluhan disampaikan langsung kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat safari Ramadan di Masjid Nurul Iman daerah itu.

Syaiful Asman, selaku pengurus mesjid dan tokoh masyarakat Nagari Languang menyampaikan persoalan ketersedian air bersih yang sudah lama tidak dirasakan oleh masyarakat. Bahkan, untuk berwuduk harus menggunakan air dengan bau menyengat. Untuk itu, sebagai perwakilan masyarakat dia meminta agar pemerintah memberikan solusi cepat.

"Bapak tadi sudah rasakan bagaimana bau airnya? Bagaimana kondisi dan warna airnya, keruh dan baukan? Kami mohon bantuan dan dukungan dari pak Gubernur dan pak Sekda agar masalah ini menjadi perhatian khusus karena menyangkut kebutuhan dasar," sebutnya.

Selain ketersediaan air bersih , Syaiful juga mengharapkan bantuan dari Gubernur terkait tentang jaringan komunikasi yang kurang baik di beberapa jorong yang berada agak jauh dari jalan raya di Nagari Languang. "Sinyal disana "ilang-ilang timbua pak", ketika kami menghubungi sanak saudara dirantau agak susah," ungkapnya.

Menanggapi masalah tidak adanya ketersedian air bersih, Gubernur mencarikan solusi dengan adanya dana Pamsimas yang bertujuan meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan. "Saya minta agar pengurus Nagari, Sekda Pasaman dan Kadis PU Sumbar untuk duduk bersama untuk menyelesaikan ini," ujarnya.

Untuk masalah Komunikasi yang belum baik, Gubernur mengatakan bahwa tersebut bukan kewenangan pemerintah daerah, namun akan tetap dicarikan jalan keluarnya. "Saya minta Sekda untuk menyiapkan datanya, kami akan tunggu data tersebut untuk diserahkan kepada Telkom dan kepada masyarakat agar menyediakan lahan untuk berdirinya tower apabila disetujui," ... Baca halaman selanjutnya