Begini Modus Baru Pencopetan yang Marak di Pasar Aur Kuning Bukittinggi

"Modus tindakan kriminal pencopetan tersebut cukup sulit untuk dideteksi"
Ilustrasi (Net)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP Bukittinggi, Reka Syahrul mengungkapkan sebuah modus baru yang sering diterapkan para pelaku copet yang beraksi di Pasar Aur Kuning, Kota Bukittinggi.

Menurutnya, modus tindakan kriminal pencopetan tersebut cukup sulit untuk dideteksi, sehingga masyarakat diminta untuk selalu waspada.

"Pelaku pencopetan yang marak saat ini adalah dilakukan oleh wanita," katanya pada KLIKPOSITIF, Jumat 16 Juni 2017.

Ia mengungkapkan, pelaku pencopetan menyasar seorang pembeli yang sudah melakukan transaksi di toko lain sehingga di tangannya penuh dengan kantong atau barang belanjaan.

"Saat seorang pembeli yang penuh dengan belanjaan itu masuk ke sebuah toko untuk menambah belanja pakaian, saat-saat seperti inilah digunakan oleh pelaku untuk mengecoh perhatian. Setelah calon korbannya lengah, si pelaku kemudian melangsungkan kejahatannya,' jelas Reka.

Untuk menangkal aksi ini sebut Reka, selain dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi, juga dibutuhkan kesadaran pihak pembeli agar tak terkecoh.

"Solusinya hanya satu, pembeli jangan pernah menaroh barang belanjaannya di lantai saat transaksi. Barang belanjaan usahakan tetap dipegang karena hal-hal seperti ini sudah sering terjadi," pungkasnya kemudian.

[Hatta Rizal]