Lisda Rawdha Hendrajoni : Warga Miskin Butuh Biaya Pendamping

"Warga miskin tak mau berobat karena tak memiliki biaya transortasi dan biaya pendamping lainnya"
Lisda Hendrajoni-Istri Bupati Pessel saat menjenguk Iron ke rumahnya (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Lisda Rawdha Hendrajoni yang merupakan istri bupati Pessel mengatakan, masyarakat miskin yang sudah mendapatkan kartu jaminan kesehatan, seperti Jamkesmas dan Jamkesda atau sejenisnya, harusnya bisa mendapat biaya pendamping yang merupakan biaya tambahan transportasi.

Menurutnya, kesulitan perekonomian warga kurang mampu membuat sebagian masyarakat yang sudah memiliki kartu jaminan kesehatan, tidak bisa berobat karena tidak ada biaya pendamping saat berobat.

"Tak terkecuali dengan kondisi Iron saat ini, harusnya dapat biaya pedamping," ungkap Lisda Rawdha Hendrajoni. (Baca berita terkait : Istri Bupati Pessel Bantu Pengobatan Iron, Pria Pengidap Penyakit Kulit Aneh di Pessel)

Ia mengatakan, persoalan nyata yang sudah terjadi di daerah itu harus segera dicarikan jalan keluarnya. Setidaknya, selain kehadiran dirinya, ia juga mengharapkan peran aktif dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan BAZNAS Pessel untuk memikirkan nasib warga kurang mampu.

Selain itu, ia juga meminta agar pihak terkait untuk berperan aktif dalam mensosialisasikan pentingnya hidup sehat.

"Tentu dari Dinkses, diharapkan untuk meningkatkan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Puskesmas yang ada di Pessel juga diharapkan bisa bekerjasama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat," sebutnya.

[Kiki Julnasri]