Yuk, Ramaikan Semarak Syawal Saat Malam Takbiran di Padang

"Semarak Syawal akan dilakukan di bagian belakang Masjid Raya Sumbar di Kota Padang"
Masjid Raya Sumbar (drone/net)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Barat (Sumbar) Oni Yulfian mengatakan, untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H provinsi akan menggelar semarak Syawal pada tanggal 24 Juni 2017 malam. Semarak Syawal dilakukan sebagai titik fokus berkumpulnya masyarakat agar tidak melakukan arak-arakan Takbiran.

"Dalam Semarak Syawal ini, kami akan melakukan beberapa rangkaian acara, sehingga masyarakat dapat turut hadir menyemarakan malam Takbiran di halaman belakang Masjid Raya Sumbar," ujarnya.

Ia melanjutkan, rangkaian acara pada Semarak Syawal ini berupa mengumandangkan Takbir bersama-sama di malam Takbiran dan akan diisi berbagai kegiatan Islami lainnya.

"Nanti juga akan ada pembacaan puisi yang bakal dibacakan Gubernur dan Wagub. Lalu, Gubernur akan bermain musik bersama bandnya," tuturnya.

Untuk itu, kepada masyarakat yang datang ke Kota Padang saat mudik dapat menyasikan Semarak Syawal ini, yang direncanakan akan jadi kegiatan tahunan menjelang Idul Fitri.

Di tempat terpisah, Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Syahril B menyatakan, saat ini tengah dilakukan pengerjaan penimbunan di halaman belakang Mesjid raya Sumbar, sementara bagian tengah masih dalam proses pengerasan, sehingga nantinya dapat dijadikan lokasi untuk parkir.

"Kami saat ini tengah mengebut penimbunan dan pengerasan di halaman belakang Masjid Raya Sumbar sehingga nanti tidak hanya untuk parkir, namun, juga dapat dipakai saat Semarak Syawal," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]