28 Jalur Mudik di Sumbar Rawan Longsor

"untuk jalan yang masih belum siap untuk ditempuh oleh pemudik saat lebaran kali ini adalah jalur Solok menuju Solok Selatan"
Longsor yang terjadi di ruas jalan Nasional Pessel beberapa waktu lalu. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PADANG, KLIKPOSITIF -- 28 jalur mudik di Sumatera Barat masih masuk dalam lokasi rawan bencana longsor pada musim mudik 2017 kali ini. Beberapa ruas jalur yang masih dikategorikan rawan bencana di Sumatera Barat masih tersebar sebanyak 28 titik.

"Untuk jalur rawan longsor masih ada sebanyak 28 titik, diantaranya jalur Malalak, Padang-Solok, Pesisir Selatan dan beberapa titik lainnya di daerah 50 Kota," ujar Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Senin 19 Juni 2017.

Dia mengatakan untuk di lokasi rawan bencana tersebut, pihaknya bersama instansi lainnya seperti TNI dan Polri telah menyiapkan alat berat. "Seperti di Sitinjau itu sudah disiapkan dua unit alat berat untuk mengantisipasi longsor jika terjadi," sambungnya.

Sementara itu, untuk jalan yang masih belum siap untuk ditempuh oleh pemudik saat lebaran kali ini adalah jalur Solok menuju Solok Selatan. Dengan begitu, dia berharap agar seluruh masyarakat bisa lebih berhati-hati dalam mudik kali ini.

"Jalur Solok-Solok Selatan masih tergolong jelek dan berlobang untuk dilalui pemudik," sambungnya.

[Halbert Caniago]