Ini Prediksi Cuaca di Sumbar Saat Lebaran Menurut BMKG

"secara umum cuaca cenderung didominasi kondisi panas dengan suhu udara mencapai 32 derajat cekcius"
Cuaca cerah di sekitar Jam Gadang Bukittinggi. (istimewa)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman mengungkapkan kemungkinan cuaca cerah dan terang saat Lebaran 2017 mendatang.

Kepala Seksi Observasi BMKG Ketaping, Budi Iman Samiaji saat dihubungi KLIKPOSITIF mengatakan, terhitung tanggal 26 Juni sampai 5 Juli 2017, secara umum cuaca cenderung didominasi kondisi panas dengan suhu udara mencapai 32 derajat cekcius.

"Namun, seolah-olah suhu itu dirasakan seperti 35 hingga 36 derajat celcius akibat dari kondisi panas tersebut," kata Budi Iman saat dikonfirmasi dari Bukittinggi.

BMKG sendiri mengingatkan dalam periode tersebut angin kencang menjadi salah satu ancaman yang patut diwaspadai. "Potensi angin kencang maksimum mencapai 30-45 km/jam, terutama, di wilayah Mentawai dan Sumatera Barat bagian barat," lanjutnya.

Kendati cuaca diprediksi cerah saat momen Lebaran, BMKG mengungkapkan ada beberapa daerah di Sumbar yang berpotensi diguyur hujan. Wilayah yang dimaksud BMKG yakni, Pesisir Pantai Barat Sumatera Barat dan Mentawai. "Potensinya hanya hujan dengan intensitas ringan," ujarnya.

Kemudian, kondisi cuaca jelang memasuki Lebaran antara 17 sampai 25 Juni juga patut diwaspadai oleh para pemudik yang melintasi wilayah Sumbar. Pasalnya, potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat mulai dari Mentawai, Padang, Padang Pariaman, Solok, Kota Solok, Pessel, Pasbar dan Tiku yang meluas menuju wilayah Bukittinggi dan Padang Panjang.

Tak hanya itu, potensi hujan lebat sebelum Lebaran juga bisa saja terjadi di wilayah Riau yang meluas ke wilayah Limapuluh Kota, Sijunjung dan Dharmasraya. Ditambah lagi dengan kewaspadaan akan terjadinya longsor di beberapa titik rawan.

[Hatta Rizal]