Pasokan Listrik dan BBM Untuk Sumut Aman Jelang Idul Fitri

"untuk pasokan BBM dari kunjungan yang dilakukan Arcandra ke TBBM Grup Medan juga dipastikan aman untuk Idul Fitri 1438 Hijriah"
Ilustrasi (pixabay)

MEDAN, KLIKPOSITIF -- Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar melakukan kunjungan kerja ke PT PLN (Persero) Pembangkit Belawan Sumatera Utara dan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Wilayah Sumut, Senin (19/6), untuk memastikan pasokan listrik dan BBM wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menjelang dan selama Idul Fitri 2017 dalam kondisi aman.

"Hari ini menjadi kunjungan ketiga di bulan Ramadhan untuk memastikan kondisi listrik dan BBM menghadapi Idul Fitri 1438 2017. Sebelumnya saya sudah berkunjung ke Balikpapan juga diskusi dengan PLN dan Pertamina, minggu lalu di Riau juga melihat kesiapan, dan hari ini saya ke Medan", kata Wamen Arcandra.

Arcandra mengungkapkan pasokan listrik wilayah Sumatera Utara terpantau aman setelah beroperasinya Pembangkit Listrik Terapung atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan sehingga menambah kapasitas pembangkit Sumbagut sebesar 240 MW.

"Menyangkut lebaran, kondisi kelistrikan di Sumut saya yakin tidak akan kekurangan daya apalagi kita akan meninjau MVPP 240 MW dari Turki dan bisa ditingkatkan dayanya menjadi dua kali lipat. Ini sebuah terobosan untuk menambah daya, dari Pemerintah kita mendukung program yang bisa dengan cepat mengatasi kekurangan daya, kedepannya saya harap ada solusi jangka panjang yang permanen.

MVPP Onur Sultan dengan kapasitas 240 MW telah tiba di Pelabuhan Belawan Medan pada hari Minggu, 21 Mei 2017, dan telah disinkronkan dengan sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) pada tanggal 9 Juni 2017. Saat ini daya sistem Sumbagut menjadi 2.223 MW, dengan beban puncak tertinggi Sumut 1.558 MW dan Aceh 355 MW,dengan ini cadangan daya di Sumbagut menjadi 310 MW

MVPP Onur Sultan disewa PLN selama 5 tahun ke depan memiliki beberapa kelebihan lainnya, yakni mulai dari tidak membutuhkan lahan untuk membangkitkan listrik, mobilitas relokasi cepat, fleksibilitas dalam penggunaan bahan bakar, konsumsi bahan bakar ... Baca halaman selanjutnya