Jelang Lebaran, Sejumlah Jalur di Sumbar Masih Dalam Tahap Pengerjaan

"Pemudik diimbau berhati-hati saat melintasi jalur yang sedang diperbaiki"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemudik diminta untuk waspada ketika melakukan perjalanan, pasalnya sejumlah jalan nasional dan provinsi di Sumbar masih dalam proses pengerjaan, diantaranya ruas jalan Padang-Painan, Indrapura-Tapan, Solok-Padang, dan Sijunjung-Dharmasraya.

Kepala Dinas Pekerjaa Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Fathol Bari, mengklaim, walaupun dalam masa pengerjaan kondisi itu tidak akan menganggu arus mudik dan arus balik lebaran. Menurutnya, untuk jalan yang dalam pengerjaan yang berat sudah mulai berhenti sedangkan ringan masih ada pengerjaan hingga H-2 lebaran.

"Walau dalam pengerjaan tidak akan mengganggu, kami minta pemudik berhati-hati selama menempuh jalan dalam perbaikan," sebutnya Senin 19 Juni 2017.

Fahtol menjelaskan, agar jalan bisa dilewati dengan aman oleh pemudik, dilakukan antisipasi sementara. Seperti jalan Solok-Padang yang sebelumnya dilakukan buka tutup tidak akan buka tutup lagi karena untuk pengerjaan jalan itu akan dilanjutkan sesudah lebaran.

Sementara sejumlah titik di jalur Kabupaten Sijunjung-Dharmasraya yang terban juga sudah dilakukan penanganan oleh pihaknya sehingga jalur itu nantinya aman untuk dilewati.

Selain itu, pemudik juga diancam beberapa titik longsor yang tersebar di ruas Padang-Solok, Lubuk Selasih-Surian, lalu Limapuluh Kota-Pekanbaru, Bukitinggi-Pasaman dan Padang-Pesisir Selatan, serta sejumlah jalur lainnya. Tidak hanya jalan ruas utama yang rawan longsor, salah satu jalur alternatif yang rawan longsor adalah jalur Sicincin-Malalak.

Untuk menjaga keamanan dilapangan, lanjut Fahtol, pihaknya akan mengerahkan 80 petugas, sehingga jika terjadi bencana langsung cepat terjun ke lokasi kejadian.

"Jadi jika ada telpon masuk, langsung disambungkan ke petugas di lapangan. Kami juga men-stanby-kan 61 alat berat jika sewaktu-waktu terjadi longsor," katanya

[Joni Abdul Kasir]