Inilah Titik Rawan Kemacetan dan Pos Pelayanan di Payakumbuh

"Kasatlantas juga mengimbau masyarakat lokal untuk tidak menggunakan mobil saat berpergian ke pusat kota."
Kasat Lantas Polres Payakumbuh (Ade Suhendra/Klikpositif)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Satlantas Polres Payakumbuh mengimbau pengendara menghindari titik-titik kemacetan saat mudik lebaran.

"Untuk titik rawan kemacetan ada beberapa titik yang bermuara di pusat kota. Contohnya di Kawasan Tugu Adipura, Simpang Kasda, Simpang Masjid Muhammadiyah, Simpang Limbukan, Simpang Piladang, dan SPBU Ngalau Indah. Agar tidak terjebak kemacetan, hindarilah titik-titik ini," kata Kasat Lantas Iptu M. Yudi Satria.

Selain itu, Kasatlantas juga mengimbau masyarakat lokal untuk tidak menggunakan mobil saat berpergian ke pusat kota.

"Kepada masyarakat sebisanya untuk menggunakan motor saat berkendara di pusat kota. Ini menjadi salah satu cara agar nantinya tidak terjadi kemacetan di jalur utama," kata Kasatlantas Polres Payakumbuh

Ia menjelaskan untuk melayani pemudik yang melewati Payakumbuh, Polres Payakumbuh membuka dua pos pengamanan dan satu pos pelayanan. Pos pengamanan lebaran ini berada di beberapa lokasi yaitu Ngalau Indah dan Simpang Piladang untuk pos pengamanan serta pos pelayanan di Pasar Payakumbuh, tepatnya di Kawasan Tugu Adipura.

Sedangkan untuk titik rawan kecelakaan lalulinta (laka) dan rawan bencana, Yudi menjelaskan ada dibeberapa titik seperti jalur lintas batas kota yang melewati pusat kota. Kemudian jalur yang dari arah pusat kota ke Lintau dan ke arah Jalan Tan Malaka atau Suliki,

"Jalur ini merupakan jalur yang bagus karena jalannya lurus dan pengendara cenderung menambah kecepatan di sini sehingga sering mengabaikan kewaspadaan," katanya.

Selain itu, titik bencana yang menjadi perhatian dikatakannya berada di arah Lintau, tepatnya di Alang Lauik. Evaluasi selama lima tahun ini penanggulan bencana bisa dilakukan dalam satu hari.

"Apabila terjadi longosr, kami telah siapkan pengalihan arus yang mengarah lintau, dimana jalur diarahkan ke Simpang Piladang. Tapi tentunya kita tidak berharap akan ... Baca halaman selanjutnya