Saat Macet Panjang di Padang Lua, Coba Jalur Alternatif Ini Menuju Bukittinggi

"Ada beberapa jalur alternatif yang bisa ditempuh oleh pemudik"
Jalan Ngarai Sianok yang merupakan salah satu jalur alternatif menuju pusat Kota Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Bagi pemudik ingin menghindari macet panjang saat akan menuju Bukittinggi, disarankan agar melewati beberapa jalur alternatif agar terhindar dari macet yang biasanya selalu terjadi di Pasar Padang Lua saat momen Lebaran.

Bagi pemudik yang datang dari arah Padang, punya tiga alternatif jalur yang bisa dipilih untuk menghindari macet di Pasar Padang Lua. Namun jalur alternatif tersebut tentu saja tidak selebar jalur utama Padang-Bukittinggi.

Alternatif pertama, ketika pemudik sampai di Simpang Padang Lua, sebaiknya belok kanan untuk menuju Simpang Gobah. Dari sana, belok kiri ke arah Simpang Taluak. Selanjutnya, ikuti terus rute tersebut hingga tiba di Simpang Jambu Aie, atau bisa juga pilih tembus ke Jalan Bypass Aur Kuning . Rute alternatif yang pertama ini jaraknya mencapai 5 kilometer.

Rute selanjutnya, jika ingin menghindari Padang Lua, ikuti jalan alternatif di Simpang Koto Baru. Di sana, pemudik belok kanan dari arah Padang untuk menuju Nagari Sungai Pua. Ikuti terus jalan ini hingga nantinya akan sampai di Simpang Bukik. Selanjutnya tinggal lurus saja dan pemudik akan tiba di Simpang Tanjung Alam. Dari sana, belok kanan untuk menuju Bukittinggi atau meneruskan perjalanan ke Payakumbuh.

Rute Koto Baru ini cukup jauh dengan jarak tempuh sekitar 14 kilometer. Pantauan KLIKPOSITIF, rute ini punya jalan yang cukup sempit dan penuh dengan polisi tidur. Jalan ini juga banyak persimpangan yang bisa membingungkan pengendara yang baru pertama kali melintasi kawasan ini.

Berikutnya, pemudik juga bisa melewati Jalur Sungai Landai Banuhampu dari arah Padang. Saat sampai di Simpang Sungai Landai, pemudik tinggal belok kanan menuju Simpang Durian. Ikuti terus jalan itu hingga nantinya mencapai Koto Gadang.

Setelah itu lurus saja hingga nantinya mentok di Ngarai Sianok. Dari sana, belok kanan untuk mengambil rute Bukittinggi. Rute Sungai Landai mempunyai jarak sekitar 10 ... Baca halaman selanjutnya