Dishub Sumbar Sarankan Pemudik Melintasi Jalur Alternatif

"Beberapa titik di Sumbar tergolong rawan macet"
Kemacetan di kawasan Koto Baru (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Perhungan Provinsi Sumatera Barat Amran menyarankan pemudik memanfaatkan jalur alternatif untuk menghindari titik kemacetan di jalan utama.

Pemudik yang melintasi Padang-Kota Payakumbuh-Pekanbaru, atau sebaliknya yang ingin menghindari kemacetan di Kota Bukittinggi, bisa memanfaatkan Simpang Batu Palano-Sungai Puar-Simpang Tanjung Alam.

Sedangkan pemudik yang ingin menghindari kemacetan di Pasar Baso dan Simpang Piladang bisa melewati jalur Simpang Ampek Canduang-Tabek Patah-Situjuah-Payakumbuh. Jalur alternatif itu untuk menghindari kepadatan di jalur Bukittinggi-Payakumbuh-Pekanbaru.

"Sebab, biasanya terjadi kemacetan panjang di Simpang Piladang dan Pasar Baso," kata Amran.

Sebaliknya, pemudik dari Padang menuju Bukittinggi, yang ingin menghindari kemacetan di Pasar Lubuk Alung dapat melewati jalur alternatif Simpang Polsek Bandara Internasional Minangkabau (BIM)-Simpang Ketaping-Jembatan Lubuk Alung.

Untuk menghindari kemacetan di Pasar Sicincin, bisa melewati Simpang Mapolsek Bandara Minangkabau-Simpang Ketaping-Pariaman.

Pemudik juga bisa melewati jalur alternatif Sicincin-Malalak untuk menuju Kota Bukittinggi, agar terhindar dari kemacetan di jalur utama di kawasan Lembah Anai, Silaing dan Pasar Koto Baru, atau pemudik juga dapat melewati jalur alternatif Simpang Pandai Sikek-Pasar Amor untuk menghindari kemacetan di Pasar Koto Baru. 

Baca berita terkait : Saat Macet Panjang di Padang Lua, Coba Jalur Alternatif Ini Menuju Bukittinggi

[Joni Abdul Kasir]