Dipenuhi 'Polisi Tidur', Kenali Jalur Alternatif Tanjung Alam-Koto Baru

"Ada sekitar 32 'polisi tidur' di sepanjang jalur Tanjung Alam-Koto Baru"
Polisi Tidur di kawasan Batu Taba Agam (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Bagi pemudik yang datang dari arah Padang maupun Pekanbaru dan ingin menghindari keramaian Kota Bukittinggi, salah satu jalur yang bisa diambil adalah Jalur Simpang Tanjung Alam-Koto Baru.

Secara administratif, jalur ini melintasi 2 wilayah Kabupaten, yakni Tanah Datar dan Agam, yang terbagi dari 4 Kecamatan dan 9 Nagari. 4 Kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Ampek Angkek, Canduang, Sungai Pua dan sedikit wilayah Kecamatan X Koto di Nagari Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar.

Sedangkan Nagari yang berada diwilayah Kecamatan Ampek Angkek, yakni Biaro Gadang, Ampang Gadang, Pasia, dan Batu Taba. Sedangkan di Kecamatan Candung, jalur Simpang Tanjung Alam-Koto Baru, melintasi Nagari Bukik Batabuah.

Di Kecamatan Sungai Pua, secara berturut-turut jalur tersebut melewati Nagari Sungai Pua, Sariak,serta Batu Palano. Terakhir, jalur ini berakhir di Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Bagi pemudik, ini adalah satu jalur terbaik menghindari Bukittinggi. Sayangnya, di sini terdapat puluhan 'polisi tidur' atau dalam bahasa lokal disebut tanggul, sehingga kenyamanan berkendara bisa terganggu saat melintas.

Pantauan KLIKPOSITIF, Jum’at 23 Juni 2017, terdapat sekitar 32 tanggul di ruas jalan yang punya panjang sekitar 13-14 kilometer ini.

Kita awali dari arah Koto Baru. Di sini, terdapat 1 tanggul saja. Perjalanan pemudik berlanjut masuk ke Nagari Batu Palano. Di sini, tak ada satupun tanggul, sebab sudah selesai tahap pengaspalan.

Berikutnya, kita akan memasuki Nagari Sariak, disini ada 2 buah tanggul. Setelah itu, wilayah Nagari Sungai Pua sudah menanti. Di Nagari punya nama yang sama dengan Kecamatannya ini, ada 7 buah tanggul.

Lepas dari Sungai Pua, jumlah tanggul mulai menurun. Sebab, di Nagari Bukik Batabuah, hanya ada 3 buah tanggul.

Berikutnya kita akan sampai di Nagari Batu Taba. Wilayah inilah yang sering ... Baca halaman selanjutnya