TMMD Bangun Infrastruktur Jalan di Pasaman

Bupati menyematkan tanda peserta TMMD
Bupati menyematkan tanda peserta TMMD (KLIKPOSITIF/Yulisman)

KLIKPOSITIF - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 tahun 2016 memberikan "Arti Positif," yang luar biasa bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman , Sumatera Barat, khususnya  masyarakat di Jorong Sibintayan, Kubu Baru, dan Soma  Nagari Muaro Tais, Kecamatan Mapattunggul Kabupaten Pasaman .

Betapa tidak, dalam jangka waktu kurang lebih 30 hari kedepan, sejumlah fasilitas umum terlebih insfratruktur jalan utama dan jembatan menuju tiga kejorongan tersebut,  akan menjadi lebih baik dan akan bisa diakses oleh kendaraan roda empat pada awal Juni 2016 mendatang.

baca juga: Seorang PDP di Pasaman Dimakamkan dengan Protap COVID-19

Bupati Yusuf Lubis didampingi Kasrem Kolonel Inf. Mirza Agus saat memantau kegiatanTMMD

TMMD ke-96 tahun 2016 yang diprakarsai Kodim 0305 Pasaman yang juga turut memberikan sejumlah pembangunan maupun penyuluhan serta bantuan lainnya kepada masyarakat di daerah paling pinggir di Pasaman ini.

baca juga: Polisi Amankan 91,5 Kilogram Ganja di Pasaman, Dua Pelaku Kabur ke Hutan

Kegiatan TMMD ke-96 tahun 2016 ini secara resmi dibuka melalui upacara pembukaan pada, Selasa (3/5)) bertempat di lapangan bola kaki Jorong Sibintayan, Nagari Muaro Tais, Kecamatan Mapattunggul.

Selaku inspektur Upacara dalam pembukaan TMMD ke-96 tersebut yakni Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan dihadiri oleh Danrem 032/WRB yang diwakili oleh Kasrem 032/WRB Kolonel Inf Mirza Agus, Kasi Pers Korem 032/WRB Kolonel Inf Hery Setiyono beserta jajarannya.

baca juga: Akui Kesalahan, Anggota DPRD Pasaman Minta Maaf

Selain itu Ketua DPRD Pasaman Yasri, Dandim 0305/ Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramundhito, Kapolres Pasaman AKBP Agoeng S Widayat, Ketua TP PKK Pasaman Nyonya Gustinar Yusuf Lubis, Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana beserta jajaran, kepala SKPD, Kepala BUMN/BUMD, Camat, Walinagar, Kepala Jorong, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Bupati Yusuf Lubis didampingi Ketua DPRD  <a href=Pasaman , Yasri saat melakukan penanaman pohon di depan Pustu Sibintayan" width="610" height="407" />

baca juga: Langgar PSBB dan Maki-maki Petugas di Agam, Kader Gerindra Pasaman Diberi Peringatan

Bupati Pasaman , Yusuf Lubis usai menghadiri acara pembukaan TMMD kepada KLIKPOSITIF , memberikan apresiasi yang luar biasa kepada TNI dalam hal ini Korem 032/WRB dan jajarannya  yang menggelar TMMD ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Korem 032/WRB dan Kodim 0305/ Pasaman untuk kerjasama yang terus kita bangun di daerah ini terutama pembangunan insfratruktur jalan dan jembatan di tiga jorong pada nagari Muaro Tais yang selama ini masih masuk daerah terisolir di daerah ini. Bukan saja dalam kegiatan fisik seperti yang kita lihat ada disini, tetapi juga ada kegiatan lain yang telah kita laksanakan  beberapa waktu lalu untuk di bidang pertanian, kehutanan dan bidang lainnya," ucap Bupati.

Bupati Yusuf Lubis menilai kegiatan TMMD ini merupakan upaya percepatan pembangunan bagi masyarakat di kejorongan maupun kenagarian menuju masyarakat Pasaman yang  sejahtera, agamis dan berbudaya sesuai dengan tema TMMD yang ke-96 tahun 201 ini yakni "Dengan semangat kemanunggalan TNI serta kerjasama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa, kita tingkatkan percepatan pembangunan daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Bupati Yusuf Lubis.

Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf. Mirza Agus saat melakukan penanaman pohon.

Jadi, semua ikut terlibat baik Babinsa dan seluruh anggota TNI lainnya, pihak kepolisian, seluruh SKPD dan masyarakat setempat dalam upaya-upaya untuk percepatan pembangunan bagi masyarakat yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada daerah paling ujung Pasaman ini.

Hal ini dikarenakan keterlibatan dari rekan-rekan TNI ini memberikan semangat dan juga membangun kebersamaan yang sungguh luar biasa guna kegiatan gotong royong ini tetap dipertahankan dan dilestarikan menjadi ciri dalam masyarakat untuk membangun masa depannya.

Untuk itu, Bupati Yusuf Lubis berharap kegiatan serupa dapat digelar kembali di Kabupaten Pasaman di tahun mendatang.

Pada kesempatan tersebut Bupati Yusuf Lubis, bersama Kasrem 032/WRB Kolonel Inf Mirza Agus, Kasi Pers Korem 032/WRB Kolonel Inf Hery Setiyono beserta jajarannya, Ketua DPRD Pasaman Yasri, Dandim 0305/ Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramundhito, sejumlah pejabat teras Kodim 0305/ Pasaman serta Kepala SKPD, Kapolres Pasaman AKBP Agoeng S Widayat, Ketua TP PKK Pasaman Nyonya Gustinar Yusuf Lubis, Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana beserta jajaran, Camat, Walinagari juga melakukan penanaman pohon di depan Pustu Jorong Sibintaian.

Kasrem Kolonel Inf. Mirza Agus menyiram pohon usai melakukan penanaman pohon.

Kasrem 032/WRB Kolonel Inf Mirza Agus menuturkan, dalam kegiatan ini TNI akan memberikan hasil terbaik, dan kontribusi positif untuk masyarakat, terutama masyarakat nagari Muaro Tais, Kecamatan Mapattunggul ini. Seperti pembangunan jalan yang harus dilakukan sebaik mungkin, tentunya akan memudahkan akses masyarakat terutama menyuplai hasil perkebunan dan pertanian ke luar.

"Jika jalan bagus, tentu hasil perkebunan dan pertanian masyarakat disini tentu akan bernilai jual tinggi," ujar Kasrem 032/WRB Kolonel Inf Mirza Agus didampinggi Bupati Yusuf Lubis, Ketua DPRD Yasri, dan Dandim 0305/ Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramundhito.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Rakyat Sumbar, pelaksanaan TMMD ke-96 tahun 2016 ini dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman menggelontorkan dana sebesar Rp 1,5 miliar dari APBD Kabupaten Pasaman .

Dandim 0305/ Pasaman , Letkol Arm Cosmas Pramundhito menjelaskan, program TMMD ke-96 yang dipusatkan di Jorong Sibintayan ini, akhir Mei 2016 ditargetkan sudah rampung dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Kata Dandim, sasaran kegiatan TMMD itu mencakup dua kegiatan yakni kegiatan fisik dan kegiatan nonfisik (penyuluhan). Untuk kegiatan fisik, sasaran TMMD tahun ini yakni, memprofil badan jalan dan pengkrekelan sepanjang 5 Km, , dari Jorong Sibintaian ke Jorong Soma, pembuatan jembatan 1 unit, rehab jembatan 2 unit, pembuatan jembatan limpat serta dan pembangunan gorong-gorong.

Dan sasaran non fisik antara lain berupa penyuluhan-penyuluhan seperti bela negara/wawasan kebangsaan, Narkoba dan lain sebagainya.

Sejumlah SKPD, Forkopimda, Kasrem 032 Wirabraja di lokasi TTMD

Ia berharap dengan selesainya TMMD ke-96 ini kedepan dapat mensejahterakan masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat perdesaan yang ada di daerah ini.

Sementara itu, Wali Nagari Muaro Tais, Andespa mengatakan, warga nagari Muaro Tais khususnya Jorong Sibintayan, Kubu Baru, dan Soma sangat terbantu dengan program TMMD tahun 2016 ini. Dengan adanya program TMMD ini, maka jalan ketiga jorong tersebut semakin baik.

Dengan demikian, akses ekonomi akan semakin lancar. Sehingga hasil bumi masyarakat didaerah ini terutama karet, padi ladang dan coklat.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kegiatan TMMD itu, karena kegiatan itu merupakan program yang menyatukan TNI dengan masyarakat. "Kegiatan TMMD ini adalah wujud kebersamaan TNI dengan masyarakat," tukasnya. (Webtorial)

[Man St Pambangun]

Penulis: Adil Wandi