TMMD ke-96 Pasaman Targetkan Peningkatan Perekonomian Warga Nagari Muara Tais

Yusuf Lubis tak menampik jika Jorong Soma dan Sibintayan masih terbilang kawasan terisolir di Pasaman.
Yusuf Lubis tak menampik jika Jorong Soma dan Sibintayan masih terbilang kawasan terisolir di Pasaman. (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

KLIKPOSITIF - Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf. Mirza Agus‎ optimis perekonomian masyarakat di Kecamatan Mapattunggul, tepatnya di Nagari Muara Tais bakal menggeliat. Sebab, sejumlah infrastruktur yang tidak layak akan dibenahi melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 yang mulai dilakukan Selasa 3 Mei 2016.

"Pembenahan infrastruktur itu seperti pembangunan jalan utama dari Jorong Sibintayan menuju Jorong Kubu Baru dan Jorong Soma," kata Kolonel Inf. Mirza Agus.

Menurutnya, kondisi jalan utama di beberapa jorong sudah tidak layak untuk dilintasi.

"Dalam TMMD inilah kita akan merakyat dan memanfaatkan kebersamaan semaksimal mungkin dengan rakyat. TMMD adalah langkah nyata kita membantu masyarakat memudahkan masyarakat dalam menstabilkan perekonomiannya," ujar Kolonel Inf. Mirza Agus didamping Dandim 0305 Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramundhito usai membuka kegiatan TMMD.

Baca Juga

Ia mengatakan, kegiatan TMMD ini akan berlangsung hingga satu bulan dan penutupan dilakukan pada Juni 2016 mendatang. Pihaknya berharap kegiatan itu memberikan hasil terbaik dan berkontribusi positif bagi masyarakat Mapattunggul.

"Jika jalan bagus tentu akan berimbas pada perekonomian warga. Hasil kebun dan pertanian akan mudah diangkut dan bernilai jual tinggi," sebutnya.

Ia berharap, seluruh personel TNI yang terlibat dalam kegiatan TMMD itu bekerja bersungguh-sungguh dan tidak mengecewakan masyarakat Mapattunggul terutama di Nagari Muara Tais.

Sementara itu Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengapresiasi kegiatan ini di mana ia berharap hasil terbaik sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat Nagari Muara Tais.

"Jika jalan terbenahi dengan baik dalam kegiatan TMMD maka masyarakat akan mudah mengangkut hasil pertanian dan perkebunan," katanya.

Yusuf Lubis tak menampik jika Jorong Soma dan Sibintayan masih terbilang kawasan terisolir di Pasaman. Ia berharap dengan kegiatan itu imej terisolir dapat terhapus dan perekonomian masyarakat lebih meningkat dibanding sebelumnya.

Sementara itu Dandim 0305/Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramundhito sangat berharap dukungan dan partisipasi masyarakat dan instansi terkait di jajaran Pemkab Pasaman agar pelaksanaan kegiatan TMMD ke-96 tersebut dapat berjalan dengan sukses.

Ia menjelaskan, sasaran fisik yang diprioritaskan adalah pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di lokasi. Ia menyebutkan, anggaran kegiatan TMMD ke-96 di Nagari Muaro Tais Kecamatan Mapattunggul bersumber dari APBD Pasaman 2016 sebesar Rp1,5 Miliar.

Adapun sasaran kegiatan TMMD itu mencakup dua kegiatan yakni kegiatan fisik dan kegiatan nonfisik (penyuluhan).

[Man St Pambangun]

Video

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Elvia Mawarni