Ini Cara PLN Atasi Krisis Pasokan Listrik Suatu Daerah

"Langkah-langkah yang ditempuh untuk meminimalisir pengurangan jam nyala tersebut tertuang dalam perencanaan PLN"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Keberadaan energi listrik dewasa ini sangat penting untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Ketiadaan energi listrik yang andal akan menghentikan aktivitas masyarakat yang berimbas pada terhambatnya kemajuan bangsa. Menyadari hal tersebut, PLN melalui unit-unit yang tersebar di seluruh Indonesia telah menyiapkan beberapa hal guna menjaga keandalan pasokan listrik.

PLN Wilayah Sumatera Barat (WSB) misalnya, saat ini PLN WSB terus menjaga pasokan listrik di Wilayah Sumbar sehingga listrik yang ada saat ini cukup dan andal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun demikian, selang beberapa waktu unit pembangkit juga memerlukan pemeliharaan agar dapat tetap beroperasi dengan maksimal. Saat itulah terjadi pengurangan jam nyala. Tentunya PLN berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir pengurangan jam nyala tersebut.

Langkah-langkah yang ditempuh untuk meminimalisir pengurangan jam nyala tersebut tertuang dalam perencanaan PLN baik perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang. Pada jangka pendek misalnya PLN telah menyiapkan sejumlah genset dengan kapasitas daya yang beragam untuk standby di masing-masing unit. Sedangkan pada jangka panjang adalah rencana pembangunan pembangkit dengan kapasitas sebesar 35.000 MW yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan target rasio elektrifikasi 97% pada tahun 2019, PLN dan Pemerintah merencanakan tambahan pembangkit, transmisi, hingga gardu induk agar daerah paling pelosok Indonesia dapat merasakan nikmatnya hidup dengan listrik.

PLN terus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. PLN juga mohon doa dan dukungan dari pelanggan agar petugas kami dapat menyelesaikan segala hambatan yang muncul di lapangan dalam pengerjaan proyek 35.000 MW demi mewujudkan Indonesia Terang. (PLN Wilyah Sumbar)