Wagub: Pahlawan Asal Sumbar akan Dibuatkan Tugu di Daerah Kelahirannya

"Saat ini, Pemprov Sumbar sendiri sudah menugasi Dinas Sosial dan Dinas Kebudayaan untuk melakukan pendataan"
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Untuk menghargai jasa pahlawan asal Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan berkoordinasi dengan Pemkab dan Pemko untuk membangun tugu pahlawan di setiap daerah asalnya. Saat ini, Pemprov Sumbar sendiri sudah menugasi Dinas Sosial dan Dinas Kebudayaan untuk melakukan pendataan.

Wacana ini pun disampaikan saat peluncuran buku dan diskusi buku In Memorian 100 Seniman, Wartawan dan Budayawan Sumbar karya Nazif Basir, Kamis 25 Mei 2017 lalu di Hotel Basko. Menurut Wakil Gubernur, Nasrul Abit, banyak pahlawan yang berasal dari Sumbar.

"Untuk itu, tugas Dinas Sosial dan Dinas Kebudayaan adalah melakukan pendataan sekaligus berkoordinasi dengan Pemkab dan Pemko setempat guna pembangunan tugu di daerah asal sebagai bentuk menghargai, menghormati dan mengenang jasa pahlawan itu," kata Nasrul Abit.

Ditambahkannya, ide untuk pembangunan tersebut datang dari sesepuh Sumbar yang meminta Pemprov Sumbar membuat tugu pahlawan sebagai bentuk menghargai, menghormati dan mengenang jasa pahlawan tersebut. Hanya saja, hingga sampai sekarang baru beberapa pahlawan saja yang dibuat tugu atau monumennya.

"Saya didatangi oleh sesepuh Sumbar. Beliau menanyakan bentuk penghargaan dari Pemprov Sumbar terhadap pahlawannya. Sudah berapa banyak pahlawan yang dibuatkan tugu atau monumennya? Untuk itu, kita akan berupaya mewujudkannya dengan melakukan pendataan dan koordinasi bersama Pemkab dan Pemko se-Sumbar," jelasnya.

Dikatakan mantan bupati Pesisir Selatan itu, pembangunan tugu atau monumen tersebut akan membuat masyarakat Sumbar menghargai nilai-nilai kepahlawanan dan hidup di tengah masyarakat. "Kalau tidak kita kenang, tentu kita akan lupa siapa saja pahlawan kita. Bisa-bisa nantinya, pahlawan kita itu terlupakan," katanya.

Untuk pembangunannya, menurut Nasrul perlu dibahas antara Pemprov Sumbar dan Pemkab serta Pemko daerah asal pahlawan. Begitu juga dengan soal teknis, bisa ... Baca halaman selanjutnya