Masuk Perangkap, Bandar Ganja Dicokok Polisi di Kota Solok

"pria yang mengaku sebagai warga Tanah Garam, Kota Solok diamankan bersama dua paket besar ganja"
ilustrasi paket ganja. (istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Satuan Reserse Narkoba Polres Solok Kota berhasil meringkus seorang pemuda yang diduga sebagai bandar narkoba jenis ganja. Bari (21), pria yang mengaku sebagai warga Tanah Garam, Kota Solok diamankan bersama dua paket besar ganja.

Informasi yang berhasil dihimpun KLIKPOSITIF, Bari diringkus petugas usai dipancing melalui telepon untuk melakukan transaksi barang haram tersebut di depan wisma Melati, Kota Solok. Pelaku yang tidak sadar akhirnya masuk dalam perangkap petugas. Penangkapan ini bagian dari pengembangan pelaku atas nama AM yang diamankan sehari sebelumnya.

"Dari pengakuan AM kepada penyidik kita, dia memperoleh barang tersebut dari Bari," ungkap Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan, Minggu 9 Juli 2017.

Informasi yang berharga tersebut tidak disia-siakan sedikit pun oleh petugas. Lantas, petugas yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba, AKP Dodi mencoba memancing pelaku untuk bertransaksi melalui pelaku AM yang sudah diamankan petugas. Pelaku tidak sadar jika pembelinya adalah petugas.

Benar saja, pelaku pun akhirnya datang membawa barang yang sudah dipesan. Setelah meyakini barang yang dibawa pelaku adalah ganja kering siap edar, petugas langsung menangkap pelaku dan mengamankan dua paket besar ganja yang dibungkus dengan lakban.

Selain barang bukti ganja, petugas juga mengamankan handphone yang digunakan tersangka untuk transaksi. Pelaku pun digiring ke Mapolres Solok Kota. "Saat ini petugas masih melakukan pengembangan lebih lanjut, kemungkinan masih ada pihak lain yang terlibat jaringan pelaku," tutup Kapolres.

[Syafriadi]