Pemkab Pasaman Tunjuk Staf Camat Gantikan Tersangka Korupsi

"Pemkab sementara waktu menunjuk Sekna menjabat sebagai Wali Nagari. Ini dilakukan agar pelayanan di kantor wali nagari tersebut berjalan seperti biasanya"
Ilustrasi (net)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pasaman menunjuk sementara Sekretaris Nagari Padang Gelugur, Kecamatan Padang Gelugur, Ali Nasbir sebagai Wali Nagari Padang Gelugur, menggantikan Saharuddin yang ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di rutan Klas IIb Lubuk Sikaping oleh Kejaksaan Negeri setempat terkait tindak pidana Korupsi Beras Miskin (Raskin) pada tahun 2012.

"Pemkab sementara waktu menunjuk Sekna menjabat sebagai Wali Nagari. Ini dilakukan agar pelayanan di kantor wali nagari tersebut berjalan seperti biasanya," kata Kepala Bagian Pemerintah Nagari Setda Pasaman, Afnita, kepada KLIKPOSITIF, Rabu 12 Juli 2017.

Menurutnya, jabatan Wali Nagari yang dijabat oleh sekna sekarang sampai ditentukan Penjabat (Pj) Wali Nagari terpilih oleh pemerintah daerah ini.

Hari ini, katanya, pihak dari Pemnag telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Penjabat (Pj) Wali Nagari Padang Gelugur tersebut kepada Bupati Pasaman.

"Pihak kita mengusulkan Jasrul, salah seorang staf di Kantor Camat Padang Gelugur untuk menjabat sebagai Pj Wali Nagari nantinya kepada Bupati. Mudah-mudahan dalam minggu ini ditanda tangani oleh bupati," katanya.

Sebelumnya, Wali Nagari defenitif, Saharuddin ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasaman karena diduga korupsi dalam penyaluran beras raskin untuk masyarakat, dengan kerugian negara diperkirakan sekitar Rp200 juta.

Atas perbuatannya itu, Saharuddin saat ini telah ditahan di Rutan Klas IIb Lubuk Sikaping. Dan dalam waktu dekat, berkas perkaranya akan dilimpahkan ke pengadilan tipikor padang. (Riki Hendra)