Pemkab Dharmasraya Alokasikan Rp 26 Miliar untuk Pembangunan IX Koto

"Membangun daerah pinggiran telah mulai kami lakukan"
Sutan Riska Tuanku Karajaan (Klikpositif)

DHARMASRAYA, KLIKPOSITIF --Pemkab Dharmasraya mengalokasikan sekitar 26 miliar dana APBD untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan IX Koto.

"Membangun daerah pinggiran telah mulai kami lakukan. Dulu pembangunan di IX Koto dari data yang kami ambil di Bappeda tahun 2013, 2014 dan 2015 hanya teralokasikan diangka 5 M. Untuk tahun 2016 lalu sekitar 45 Miliar, dan tahun ini sekitar 26 miliar. Ini di luar dana bantuan APBN dan provinsi serta dana nagari. Murni dana APBD untuk pembangunan infrastruktur," ungkap Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Karajaan.

Pembangunan infrastruktur katanya meliputi pembangunan jalan nagari rijit beton, pembangunan jembatan, dan pembangunan bedah rumah.

"Ada seratus lebih bedah rumah yang ada di Kecamatan IX Koto," ucapnya.

Tokoh masyarakat Padang Ilalang, Penghulu Sati, mengatakan program bupati dengan tidak meninggalkan daerah terjauh dan terpencil merupakan bentuk dari kecintaan bupati terhadap masyarakat Dharmasraya.

"Alhamdulillah pada hari ini, masyarakat bisa bertemu langsung dengan bupati. Kerinduan masyarakat dengan bupati terobati sudah," ungkapnya.

Dulu, kata Penghulu Sati, anggaran untuk Kecamatan IX Koto itu selalu kecil dan selalu terpinggirkan. Berbeda dengan saat ini, alokasi pembangunan infrastruktur besar belum lagi anggaran nagari.

"Kami sangat merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat melalui pembangunan, apalagi saat ini ninik mamak, garin masjid, imam dan khatib juga telah mendapat insentif setelah lama tidak pernah ada," ujarnya.

[Cecep]