Wagub Sumbar akan Fasilitasi Investor Keliling Mandeh

"Fasilitas yang dimaksud Wagub adalah menyediakan dua unit kapal untuk investor melihat langsung target berinvestasi, termasuk di kawasan wisata Mandeh"
Kawasan Wisata Terpadu Mandeh (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah ada beberapa kewenangan pemerintah kabupaten dan kota pindah ke provinsi, diantaranya kehutanan, minerba, pendidikan menengah dan sektor kelautan seperti pulau-pulau kecil dan wilayah pesisir.

Setelah terbentuk perda zonasi, pengolahan yang dilakukan masyarakat dan pihak swasta, contohnya, keramba apung di kawasan Mandeh akan dicarikan solusinya jika pengusaha atau tambak ikan masyarakat masuk dalam lahan konservasi. Masyarakat yang bertambak ikan di Mandeh akan dipindahkan, termasuk di zona pariwisata.

"Kami akan carikan solusi masalah itu karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak," sebutnya usai rapat paripurna dengan DPRD Sumbar.

Dia menegaskan, hingga saat ini hanya Pulau Cubadak di kawasan Mandeh yang dikontrak pihak asing. Sementara, saat pertemuan bisnis resmi antara pengusaha Arab dengan pemerintah daerah dan pengusaha Sumbar yang diikuti lebih kurang 100 orang pengusaha di Hotel Inna Muara Padang, Nasrul Abit menyebut akan mamfasilitasi.

Fasilitas yang dimaksud Wagub adalah menyediakan dua unit kapal untuk investor melihat langsung target berinvestasi, termasuk di kawasan wisata Mandeh. "Saya rasa jika hanya mendengar atau melihat data-data saja tanpa meninjau lansung ke lokasi responnya tentu biasa-biasa saja," katanya.

Dia menuturkan, alam Sumbar memiliki banyak potensi investasi unggulan yang bisa dikembangkan antara lain, bidang energi ada panas bumi dan Hydropower, pertambangan dengan batu kapur, di sektor pariwisata ada tempat surfing di Kepulauan Mentawai, Kawasan Wisata Mandeh dan Gunung Padang serta potensi-potensi lainnya.

Untuk penunjang untuk pemerintah provinsi telah membuat terobosan dengan program pelayanan 3 jam tuntas untuk investasi minimum 100 miliar atau mempekerjakan 1000 orang tenaga kerja sebagai kemudahan ... Baca halaman selanjutnya