Pilwana e-Votting, Program Smart Regency yang Berikan Banyak Kemudahan Masyarakat Agam

"Ini merupakan terobosan baru kita dalam mewujudkan program 'smart regency' atau kabupaten cerdas"
Wakil Bupati Kabupaten Agam Trinda Farhan Satria saat menjalankan Pilwana tahap dua bersama warga (Istimewa)

AGAM, KLIKPOSITIF - Pemilihan Walinagari (Pilwana) dengan e-voting tahap kedua di sembilan nagari di Kabupatenh Agam telah selesai dilaksanakan, Rabu (19/7). Dari pelaksanaan tahap pertama hingga kedua, terobosan yang diluncurkan Pemkab Agam itu sangat memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Sembilan nagari yang melaksanakan e-voting tahap kedua yaitu, Nagari Tiku Utara, Nagari Duo Koto, Nagari Paninjauan, Nagari Koto Malintang, Nagari Balingka, Nagari Sianok, Nagari Koto Gadang, Nagari Malalak Timur dan Nagari Malalak Barat.

Sama dengan tahap pertama, di tahap kedua ini, ribuan warga antusias mengikuti  Pilwana serentak secara e-voting. Selain sangat mudah dan menarik, di sejumlah tempat pemungutan suara juga dilaksanakan berbagai hiburan seperti, Kesenian talempong uwaik-uwaik, kesenian lainnya dan permainan KIM.

Bupati Agam Indra Catri mengatakan, Pilwana dengan e-voting merupakan suatu transformasi (perubahan) dalam pemilu untuk memberikan kemudahan.

“e-Voting memberikan banyak kemudahan baik dalam perhitungan hasil perolehan suara. Diantaranya, efektivitas waktu dan biaya. Jangan remeh terhadap kecerdasan rakyat, teknologi adalah alat untuk memudahkan urusan,” kata Indra Catri.

Indra Catri berharap, dengan telah dilaksanakan sampai tahap kedua, masyarakat Agam yang akan melaksanakan e-voting untuk dapat memanfaatkan perubahan yang telah dilakukan.

"Ini merupakan terobosan baru kita dalam mewujudkan program 'smart regency' atau kabupaten cerdas," katanya.

Ia menilai, pelaksanaan pilwana e-votting semakin bagus dan lancar dibanding tahap pertama. Petugas semakin berpengalaman dan terlatih, sedangkan masyarakat semakin familiar dengan program ... Baca halaman selanjutnya