Jamkrida Sumbar Targetkan Rp1 Triliun Penjaminan, Ini Kata Gubernur

"Tahun 2016 kita telah menjamin Rp400 miliar, sampai bulan Juni 2017 mampu menjamin sampai angka Rp700 miliar"
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Direktur Utama PT Jamkrida Sumbar, Munandar Kasim mengatakan, target perusahaan sampai Desember 2016, dapat menjamin pinjaman mencapai Rp1 triliun rupiah untuk usaha mikro kecil.

"Tahun 2016 kita telah menjamin Rp400 miliar, sampai bulan Juni 2017 mampu menjamin sampai angka Rp700 miliar. Namun ada kendala pertumbuhan ekonomi melambat. Penyaluran kredit perbankan menurun, otomatis penjaminan juga menurun. Namun kita optimis, penjaminan kita bisa mendekati Rp1 miliar,” kata Munandar, di Padang, Kamis (20/7).

Munandar Kasim menjelaskan, saat ini porsi penjaminan Jamkrida 70 persen untuk kredit produktif dan 30 persen untuk sektor konsumtif. Pinjaman sektor produktif yang dijamin diantaranya, sektor perdagangan, pertanian, perkebunan, dan sebagian kecil perikanan, dengan jumlah nasabah mencapai 12 ribu orang.

“Kita sudah disetujui untuk melakukan penjaminan terhadap Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dijalankan BRI, BNI, Mandiri. Bulan Agustus kita akan lakukan pendekatan terhadap perbankan itu, sehingga jumlah nasabah dan kredit yang kita jamin bisa meningkat," jelasnya.

Untuk penjaminan KUR prosesnya sedang berjalan, karena sudah dapat persetujuan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). "Tinggal finalisasi online sistem. Dari Kementerian keuangan sistem onlinenya sudah selesai, tinggal dengan Bank penyalur," ulasnya.

Sehubungan dengan itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, selama ini, pelaku usaha mikro kecil di Sumatera Barat mengalami kesulitan mengakses pinjaman dari perbankan, padahal pelaku usaha bersangkutan memiliki potensi untuk berkembang, serta bisa mengembalikan pinjaman. Untuk itu, dibentuk Jamkrida sebagai penjamin guna meyakinkan perbankan, dengan modal awal R25 miliar.

“Saat ini Jamkrida telah berjalan walaupun untungnya belum besar. Yang terpenting bisa membantu pelaku usaha mikro kecil. Jamkrida mulai berkembang, modal kini Rp43 miliar mampu ... Baca halaman selanjutnya