Tim LAPAN Selidiki Data NASA Terkait Benda Antariksa

"Saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan pada bagian luar benda tersebut"
Penjemputan Salah Satu Lempengan yang Diduga Merupakan Sampah Luar Angkasa (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Tim BPAA Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Agam terus melakukan sejumlah data-data terkait keberadaan benda antariksa yang jatuh di Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh dan Tanjung Raya, Agam lalu.

Pemeriksaan data ke lembaga antariksa Amerika Serikat tersebut dilakukan untuk memastikan asal dari benda yang jatuh ke atap rumah warga dan persawahan itu.

"Untuk mengetahui adanya benda ini ke depan, kami akan selalu melakukan pemantauan baik menggunakan data LAPAN sendiri  maupun data dari berbagai negara termasuk NASA. Kami juga akan menginformasikan secara dini jika terpantau sampah atau benda antariksa yang memasuki wilayah kita," kata Kepala Tim LAPAN, Syafrijon.

Ia mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan pada bagian luar benda tersebut, serta memastikan bahwa benda itu tidak memiliki pengaruh radiasi.

"Benda ini berupa plat logam, dan keduanya tidak mengandung radiasi dan tidak ada bahan bakar yang dapat terbakar atau meledak," jelas dia.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, pihaknya bakal mengirimkan kedua benda tersebut ke LAPAN Bandung pada 21 Juli mendatang.

[Ade Suhendra]