Pemkab Pessel Akan Bangun Arena Landing Paralayang Standar Internasional

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat berencana akan membangun arena landing paralayang berstandar internasional di daerah itu.

Hal itu dilakukan, untuk menunjang kejuaraan paralayang yang sering digelar dan masuk dalam agenda pemerintah Pesisir Selatan .

baca juga: Pelonggaran PSBB Tahap Tiga, Pemkab Pessel: Tetap Sesuai Protokol Kesehatan

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan , Zefnihan menyebutkan, Pemkab akan mempersiapkan lahan sekitar 1 hektar untuk persediaan arena landing tersebut.

Biasanya, atlet-atlet yang melakukan olahraga itu dari puncak Langkisau akan mendarat di pantai Salido Kecamatan IV Jurai.

baca juga: Akan Dibuka, Objek Wisata di Pessel Ini Malah Rusak Dihantam Gelombang Pasang

"Di area satu hektar itu, kita juga bangun fasilitas lain serta area parkiran yang memadai untuk menunjang arena kejuaran paralayang yang sering kita adakan selama ini," katanya pada KLIKPOSITIF , Kamis 20 Juli 2017.

Ia menyebut, dengan adanya rencana itu, pihaknya terlebih dahulu harus mekaji kelayakan arena yang akan dibangun. Sebab, perencanaan pembangunan landasan itu diharapkan bisa mengangkat nama dearah tersebut hingga ke tingkat internasional.

baca juga: Pemkab Pessel Jadikan PSBB Tahap Tiga Sebagai Transisi ke New Normal

"Sebelumnya kami juga akan mengkaji kriteria pendaratan yang dikategorikan berskala internasional ini. Dan pembangunan pendaratan paralayang ini memang bisa dikatakan layak untuk digunakan para atlet," terangnya kemudian.

Kendati begitu, sampai saat ini pemerintah belum merampungkan jumlah besaran anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan arena itu.

baca juga: Kontak Dengan Pasien COVID, 37 Tenaga Puskesmas di Pessel Dikarantina

Namun, jika pembangunan sarana dan prasarana yang memadai sudah layak, ditargetkan untuk bisa disewakan dan membawa dampak baik untuk pemasukan daerah.

"Jadi dengan itu, juga ada pemasukan untuk daerah kita. Setelah ada arena pendaratan ini," pungkas Zefnihan.

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa