Pessel Bakal Bangun Arena Landing Paralayang Standar Internasional

Olahraga paralayang di Pessel
Olahraga paralayang di Pessel (KLIKPOSITIF)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat merencanakan pembangunan arena landing paralayang berstandar Internasional. Hal itu direncanakan untuk menunjang kejuaraan paralayang yang sering digelar selama ini dan iven-iven lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan menyebutkan, Pemkab akan mempersiapkan lahan sekitar 1 hektar untuk persediaan area landing tersebut. Landing yang biasa dilaksanakan di sekitar pantai Salido, Kecamatan IV Jurai akan dibangunkan stadion serta lokasi parkiran untuk penunjang.

baca juga: 13.000 Suporter Kardus Padati Laga Gladbach vs Leverkusen

"Di area satu hektar itu, kita juga akan bangun stadion serta area parkiran yang memadai. Untuk menunjang arena kejuaran paralayang yang sering kita adakan selama ini," sebut Zefnihan pada KLIKPOSITIF , Kamis 20 Juli 2017.

Lanjutnya, adanya rencana pembangunan area landing paralayang itu, pihaknya terlebih dahulu harus mengkaji kelayakan arena yang akan dibangun. Perencanaan pembangunan lokasi landing yang disertakan pembangunan stadion hingga lokasi parkiran diharapkan bisa mengangkat nama dearah tersebut hingga ke tingkat Internasional.

baca juga: Bos La Liga Berharap Kompetisi Dilanjutkan 11 Juni Diawali Derby Sevilla

"Pembangunan pendaratan paralayang ini memang bisa dikatakan layak untuk digunakan para atlet yang memanfaatkan arena tersebut," terangnya.

Sampai saat ini, pihak Pemkab belum merampungkan berapa besaran anggaran yang akan digunakan untuk arena pendaratan atlet paralayang tersebut. Namun, jika pembangunan sarana dan prasarana yang memadai sudah layak, ditargetkan untuk bisa disewakan dan membawa dampak baik untuk pemasukan daerah.

baca juga: Tiga Pembalap Top Ini Pensiun karena Cedera, Ada yang Sampai Lumpuh

"Jadi dengan itu, juga ada pemasukan untuk daerah kita. Setelah ada arena pendaratan ini," terangnya.

Sebelumnya, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, menyokong penuh berbagai Kejuaraan Paralayang yang digelar di daerah itu. Bahkan untuk itu, dia juga menjanjikan hadiah yang sebanding dengan skala kejuaraan yang digelar dalam kegiatan olahraga ke depannya.

baca juga: Kemenpora Perkenalkan Program Workout at Home (WAH)

"Jika kemarin Kejuaraan Nasional Paralayang Indonesia Terbuka hadiahnya Rp100 juta, maka jika nanti kejuaraannya berskala Internasional kami akan naikkan menjadi Rp200 juta," pungkasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Agusmanto