Kejati Sumbar Tunggu Putusan MA Untuk Eksekusi Mantan Bupati Ini

"Kami menasih menunggu salinan putusan dari Mahkamah Agung, yang baru kita terima hanya petikan putusan kasasi"
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat memburu mantan Bupati Dharmasraya priode 2005-2010, Marlon Martua yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan RSUD Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, pada tahun 2009.

"Kami menasih menunggu salinan putusan dari Mahkamah Agung, yang baru kita terima hanya petikan putusan kasasi. Kalau salinan putusannya sudah kami terima, terpidana akan lansung kami eksekusi untuk penahanan," kata Asisten Pidana Khusus Kejati Sumbar, Dwi Samudji, Sabtu 21 Juli 2017.

Ia mengatakan, Marlon divonis enam tahun penjara oleh Mahkamah Agung, lebih tinggi dari putusan Pengadilan Negeri Padang tahun 2015, yang hanya satu tahun penjara.

Sehubungan dengan itu, pihak kejaksaan menjelaskan untuk keberadaan Marlon pihaknya terus melakukan pemantauan dan ada beberapa titik yang menjadi dugaan posisi terakhir dari terpidana.

"Kami berharap agar salinan putusan tersebut dapat segera diterima dan agar kami bisa melaksanakan eksekusi secepatnya hingga terpidana tersebut menjalani hukumannya," tegasnya.

Marlon dalam proses hukumnya pada sidang Pengadilan Negeri Padang, diputuskan tahun 2015 ia divonis hukuman penjara selama satu tahun dan denda sebanyak Rp100 juta. Kemudan hasil dari kasasi di MA, diputuskan enam tahun penjara. [Halbert Caniago]