Tagihan Listrik Membengkak? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

"kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi adalah adanya pencurian listrik"
Ilustrasi (sidomi)

KLIKPOSITIF - Positifers, Anda mungkin pernah terkejut saat membayar tagihan listrik karena jumlahnya yang melebihi dari jumlah yang biasa anda bayar atau terasa tidak wajar. Nah berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab hal ini bisa terjadi.

1. Akumulasi Listrik
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu penyebab tagihan listrik membengkak. Diantaranya, pertama, rumah yang Anda tempati barangkali sebelumnya pernah kosong beberapa bulan. Jadi ketika Anda membayar tidak sesuai dengan yang tertera di meteran, bisa jadi itu merupakan akumulasi dari bulan-bulan sebelumnya.

2. Kesalahan
Pembengkakan biaya bisa terjadi karena petugas pencatatan listrik yang datang ke rumah lalai dalam mengecek meteran listrik. Bisa jadi karena menganggap rumah dalam keadaan kosong dan tagihan sebelumnya tiba-tiba dimasukkan ke tagihan bulan ini oleh PLN.

3. Pembatas Listrik Tidak Stabil
Pembengkakan juga bisa terjadi karena pembatas listrik sering naik turun di rumah.

4. Pemborosan yang Tak Disadari
Pembengkakan bisa saja terjadi karena pemakaian yang tidak kita sadari, misalnya di rumah Anda sering menggunakan AC dan lupa tidak mematikannya.

5. Pencurian listrik.
Ini adalah kemunginan terburuk yang mungkin terjadi. Anda sebaiknya memeriksa instalasi listrik di rumah Anda, jika dirasa ada yang ganjil segera laporkan ke petugas.