Kadis Perpustakaan dan Arsip Dharmasraya Imbau Masyarakat Datang ke Kantornya

"saat ini minat baca masyarakat Kabupaten Dharmasraya cukup rendah"
Dinas Perpustakaan dan Arsip Dharmasraya Menyediakan Buku bagi Masyarakat (Cecep/Klikpositif)

DHARMASRAYA, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Dharmasraya, Nasution, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan aktivitas membaca.

"Kita di sini (Dharmasraya, red) punya perpustakaan daerah. Jadi kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip ini bukan hanya sebuah kantor kedinasan, namun juga perpustakaan. Jadi mari kita semua datang ke sini. Pinjam buku, dan membaca. Tujuannya tentu untuk mencerdaskan kita semua," ungkap Nasution didampingi Kabid Perpustakaan, Syafrial, Kamis 20 Juli 2017.

Nasution tidak menampik saat ini minat baca masyarakat Kabupaten Dharmasraya cukup rendah. Hal itu tergambar dengan jumlah kedatangan masyarakat ke perpustakaan yang juga cukup rendah. Hal itu tak terlepas dengan pesatnya perkembangan media elektronik seperti Android.

"Padahal, jenis buku di sini cukup lengkap, dan baru-baru. Akhir bulan lalu ada satu paket buku sumbangan dari komunitas motor gede. Kita akan sebarkan ke sekolah. Mungkin orang lebih cenderung membaca lewat android," ujarnya.

Untuk mengakali itu semua, pihaknya memang menginginkan sebuah gedung perpustakaan khusus. "Rencananya memang akan dibangun pada anggaran 2018 nanti. Semoga saja bisa terealisasi," sebutnya.

Untuk sekarang, strategi dengan menggerakkan perpustakaan keliling menjadi alternatif mendongkrak minat baca. "Ada dua unit mobil perpustakaan keliling. Setiap hari keliling ke sekolah dan kampung. Semoga ini menjadi langkah yang baik," harapnya.

[Cecep]