Ini Kata Fadli Zon Tentang Puisi

"satu bentuk seni yang mengekpresikan jaman, suasana jiwa seseorang, keindahan, kecintaan dan puisi menghaluskan jiwa seseorang"
Ilustrasi (pixabay)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Menurut Fadli Zon, puisi adalah salah satu cara mengekpresikan pikiran dan ide yang paling tua di Indonesia dan telah banyak melahirkan sastrawan dan penyair besar di Indonesia, di Asia Tenggara bahkan diakui di negara lain seperti Chairil Anwar dan banyak penyair lainnya.

Puisi kata Pimpinan Dewan dari Fraksi Gerindra ini, adalah satu bentuk seni yang mengekpresikan jaman, suasana jiwa seseorang, keindahan, kecintaan dan puisi menghaluskan jiwa seseorang. Lebih dari itu puisi juga penting sebagai jati diri bangsa Indonesia.

Dijelaskan pula, sekarang dengan mudah media untuk mengekpresikan itu atau menyalurkan bakat puisinya. Kalau dulu melalui lomba-lomba baca puisi di sekolah-sekolah di tingkat kabupaten, propinsi, kalau sekarang ada media facebook, youtube dan medsos lainnya.

“Kita berharap puisi ini makin diminati. Kalau di luar negeri, puisi, penyair adalah bagian dari asset nasional, Shakespeare misalnya-sastrawan besar menjadi kakayaan pada jamannya bahkan didirikan museum untuk penghargaan mereka,” jelas Fadli.

Hal itu dijelaskan Wakil Ketua DPR tersebut saat kunjungan Yayasan Hari Puisi dipimpin Ketuanya Maman S Mahayana.

Kepada Fadli Zon, Maman menjelaskan bahwa menyambut hari puisi tersebut akan diserahkan penghargaan kepada pembaca puisi terbaik, ada parade baca puisi dan acara lain berkaitan dengan perkembangan puisi di Indonesia. (*)