Grand Start TdS 2017 Dimeriahkan Makan Bajamba

"peserta TdS 2017 juga akan diajak tour city ke beberapa objek wisata di daerah tersebut"
Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Terpilih sebagai grand start Tour de Singkarak (TdS) 2017, Kabupaten Tanah Datar menetapkan Istana Basa Pagaruyung sebagai titik fokus kegiatan. Rencananya, Pemkab setempat akan mengadakan berbagai macam acara ketradisian, salah satunya makan bajamba yang menjadi ciri khas daerah itu.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan, secara keseluruhan Pemkab Tanah Datar telah mempersiapkan mulai dari anggaran dana hingga item acara yang akan digelar nantinya, termasuk memperkenalkan budaya dan pariwisata.

"Untuk kegiatan kami akan adakan makan bajamba bersama pembalap, termasuk kru. Kemudian, mereka kita ajak masuk istana dan akan ada tarian tradisional, mereka juga kami ajak menari," sebutnya, Kamis 27 Juli 2017.

Dilanjutkannya, peserta TdS 2017 juga akan diajak tour city ke beberapa objek wisata di daerah tersebut. "Kami juga telah menyediakan kain dan baju kurung untuk pembalap serta kru agar pakaian yang mereka pakai terlihat sopan saat memasuki istana," tuturnya.

Soal kesiapan pendanaan, dia mengaku telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp825 juta. Untuk perhelatan pembukaan, angka itu dirasakan kurang sekitar Rp500 juga lagi. "Kami juga sedang melirik beberapa sponsor lokal supaya bisa memberikan sumbangsih dalam kegiatan besar itu," katanya.

Kemudian, Bupati berharap dalam iven tahunan ini ada satu etape pembalap mengelilingi Danau Singkarak agar masyarakat tahu dan bisa menyaksikan langsung. "Kami berharap pembalap mengelilingi danau, tergantung dimana lah Start-nya, yang penting melewati danau sesuai dengan namanya Tour de Singkarak," harapnya.

Ditambahkannya, kondisi jalan di Tanah Datar sendiri juga saat ini tidak ada permasalahan. "Jalan tidak ada masalah, seperti tahun sebelumnya, Balai Jalan akan memperbaiki jika ada kerusakan-kerusakan kecil," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]