Satu Ruangan di SD 09 Kinali Terbakar

"Diduga kuat api berasal dari pembakaran sampah yang berada di bawah pohon kelapa sawit tepat di atas atap sekolah"
Petugas Damkar memadamkan kebakaran yang menimpa sebuah ruangan di SD 09 Kinali. (KLIKPOSITIF/Buyung Fajri)

PASBAR,KLIKPOSITIF -- Sebuah ruangan sekolah nyaris ludes dilahap api di SD 09 Kinali, Pasar Tempurung, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Pasbar, Rabu malam. Diduga kuat api berasal dari pembakaran sampah yang berada di bawah pohon kelapa sawit tepat di atas atap sekolah.

Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Pasbar, Edi Murdany mengatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Dari saksi mata di lokasi kejadian, penjaga sekolah tersebut terlihat melakukan pembakaran sampah tanpa diawasi dan meninggalkannya.

"Saat pembakaran itu, api dengan cepat merambat pelepah kelapa sawit yang kering dan berada tepat di atas atap sekolah," kata Edi.

Akibatnya, api merambat membakar pohon sawit dan mulai membesar hingga membakar atap sekolah. Beruntung kejadian tersebut cepat diketahui warga setempat. Melihat asap membubung disertai api, warga di sekitar lokasi kejadian berupaya memadamkam api dan melapor ke kantor unit Damkar Kinali.

Akibat kejadian ini, atap sekolah mengalami kerusakan sedang dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. "Beruntung satu unit mobil Damkar dapat memadamkan api dengan cepat, sehingga api dapat dipadamkan dan tidak merambat ke bangunan sekolah lainnya," tutup Edi.

[Buyung Fajri]