Terkait Laporan Fiktif, Bareskrim Polri Menahan Seorang Pejabat di Sumbar

Petugas dari KPK melakukan penyitaan di kantor Dinas Prasjal Tarkim Sumbar usai OTT Kepala Dinasnya.
Petugas dari KPK melakukan penyitaan di kantor Dinas Prasjal Tarkim Sumbar usai OTT Kepala Dinasnya. (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Badan Reserse Kriminal ( Bareskrim ) Polri menahan Yusafni, tersangka dugaan korupsi di Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman (Prasjaltarkim) Sumbar .

Yusafni berperan sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pengadaan tanah, diduga telah melaporkan surat pertanggungjawaban fiktif selama empat tahun.

"Menempatkan tersangka di Rumah Tahanan Negara Bareskrim Polri di Polda Metro Jaya," kata Kasubdit IV Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Kombes Endar Priantoro dalam keterangan tertulisnya seperti dinukil dari kumparan.com, Jumat siang.

Baca Juga

Endar menyebutkan, dalam rentang 2012 hingga 2016, Yusafni bertugas mencairkan dana untuk ganti rugi pengadaan tanah senilai lebih dari Rp 120 miliar. Namun, ada diantara penggantian ganti rugi yang ternyata fiktif.

"Berdasarkan penghitungan kerugian keuangan negara yang dilakukan oleh BPK RI, perbuatan tersangka telah merugikan keuangan negara sebesar kurang lebih Rp 60 miliar," kata Endar.

Kasus ini merupakan kali kedua pejabat di Dinas Prasjaltarkim Sumatera Barat terjerat korupsi hingga ditangani penegak hukum pusat.

Sebelumnya, KPK menetapkan Kepala Dinas Prasjaltarkim Sumatera Barat, Suprapto, sebagai tersangka dugaan suap dari anggota Komisi III DPR I Putu Sudiartana.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumbar , Ali Asmar saat dihubungi KLIKPOSITIF membenarkan jika dirinya sudah mendapatkan informasi tentang yang bersangkutan sudah menjadi tersangka, tapi dia mengaku belum menerima suratnya. 

"Untuk saat ini, saya tidak bisa memberikan keterangan lanjut. Benar saya sudah dapat informasi kalau yang bersangkutan sudah jadi tersangka. Saya serahkan ini kepada yang berkompeten," paparnya. 

Selain itu, Ali Asmar menyebut, belum mendapatkan pemberitahuan resmi mengenai status tersangka tersebut. "Sekarang dia sudah diamankan Bareskrim , kita masih menunggu informasi selanjutnya," tutup Ali Asmar.

[Joni Abdul Kasir/dari berbagai sumber]

Baca Juga

Penulis: Agusmanto

Video Terbaru

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com