Kepala BPK Perwakilan Sumbar Resmi Berganti

"Hal itu sudah menjadi kebutuhan sebagai bentuk penyegaran dalam organisasi"
Kantor BPK RI Perwakilan Sumbar (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Belum genap setahun, posisi Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Eliza resmi digantikan Pemut Aryo Wibowo. Hal itu sudah menjadi kebutuhan sebagai bentuk penyegaran dalam organisasi.

Anggota V BPK RI, Isma Yatun mengatakan, pergantian ditubuh BPK sudah menjadi hal yang wajar. "Soal mutasi itu wajar, setiap organisasi pasti melakukannya sebagai bentuk penyegaran," katanya ketika menghadiri serah terima Kepala BPK Perwakilan Sumbar di Kantor BPK RI Perwakilan Sumbar.

Pergantian tersebut sesuai SK Sekretaris Jendral Nomor 179/K/X-X.3/07/2017 yang ditetapkan pada Jum'at 14 Juli lalu. Dimana, Eliza yang menjabat Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar sejak Oktober 2016 itu dipindahkan menjadi Kepala Auditoral IV.C membidangi masalah ketahanan pangan di BPK Pusat.

Dijelaskannya, Sumbar mulai mengalami peningkatan dalam penyajian laporan keuangan daerah. Hal ini terlihat dari beberapa penghargaan.

Seperti tahun 2015 lalu, 9 Pemerintah Daerah di Sumbar meraih opini WTP. Kemudian, 13 Daerah di tahun 2016. Serta 18 Daerah opini WTP atas laporan keuangan di Tahun 2017.

"Ada peningkatan dari tahun ke tahun, itu pertanda kinerja Pemerintah Daerah dalam memperbaiki tata kelola keuangan Daerah membaik," sebut Isma.

Pihaknya mendorong Pemerintah Provinsi, DPRD dan Daerah agar transparan dalam mengendalikan keuangan Daerah. Sebab, yang dikelola adalah uang Negara dan mesti diketahui masyarakat.

"Kita perlu bekerja keras bersama, agar pengelolaan dan pemeriksaan keuangan Daerah bisa lebih berkualitas," bebernya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, Pemerintah Provinsi dan Daerah di Sumbar telah melakukan kegiatan pengelolaan keuangan daerah dengan cukup baik.

Bahkan, setiap tindak lanjut dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pasti dilaporkan. "Tahun 2010 lalu, banyak Daerah di Sumbar yang disclaimer. Tapi, sekarang tidak ada lagi," kata Irwan.

Kendati selalu ... Baca halaman selanjutnya