15 Rumah di Pulau Punjung Dharmasraya Terbakar

"14 diantara rumah yang terbakar merupakan rumah semi permanen"
Kobaran api yang membakar rumah warga (KLIKPOSITIF/Cecep)

DHARMASRAYA, KLIKPOSITIF--Sebanyak 15 unit rumah di Jorong Pasar Lamo Pulau Punjung, Kenagarian Ampek Koto, Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya-Sumbar terbakar, Sabtu 29 Juli 2017 sekitar pukul 18.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun ditaksir kerugian mencapai ratusan juta Rupiah.

Wali Nagari Ampek Koto, David Iskan mengatakan, 15 KK yang rumahnya hangus terbakar saat ini diungsikan di masjid yang tak jauh dari lokasi.

"Sampai saat ini penyebabnya belum dapat dipastikan. Polisi masih menyelidiki. Masih simpang siur, ada yang dari kompor elpiji dan ada yang bilang konslet listrik," ungkapnya.

Dia menyebut, dari 15 unit rumah tersebut, 14 diantaranya adalah rumah semi permanen, sedangkan satu lagi rumah permanen. "Rumah sebagian besar dari kayu. Makanya api cepat menjalar," ucapnya.

Sekretaris Satpol PP dan Damkar Dharmasraya, Khairul menyebut, untuk memadamkan api pihaknya menerjunkan lima unit mobil pemadam kebakaran. Api baru berhasil dijinakkan selama 2.5 jam kemudian.

"Untuk penyebab, belum bisa dipastikan. Masih dalam penyelidikan. Kerugian diperkirakan cukup besar. Ratusan juta. Korban tidak ada," sebutnya.

[Cecep]