Kebutuhan Sapi Kurban di Sumbar Menurun

"Salah satu faktor diyakini melemahnya daya beli masyarakat adalah perayaan Idul Adha berdekatan dengan tahun ajaran baru"
ilustrasi (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dinas Peternakan dan Kesehatan Sumbar memprediksi kebutuhan sapi kurban tahun ini untuk Sumbar mengalami penurunan. Salah satu faktor diyakini melemahnya daya beli masyarakat adalah perayaan Idul Adha berdekatan dengan tahun ajaran baru.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Sumbar, Erinaldi mengatakan, kebutuhan hewan kurban untuk tahun 2017 masih berkisar di angka 35 ribu ekor sapi. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, Sumbar harus menyuplai kebutuhan sapi dari daerah lain, seperti Lampung dan Palembang.

Ketersediaan sapi di beberapa daerah di Sumbar hanya mencapai 20 ribu hingga 25 ribu ekor. "Sejak dua tahun terakhir, kami selalu memasok sapi dari daerah lain. Dari geliat penjualan sekarang, saya rasa tidak akan ada kenaikan kebutuhan sapi. Bahkan, mungkin menurun," katanya Senin pagi.

Penurunan pembelian sapi ini terlihat dari harga jual daging yang tidak terlalu melambung saat Lebaran 1438 hijriah lalu. Apalagi, perayaan Idul Adha yang jatuh tanggal 1 September mendatang berbarengan dengan tahun ajaran baru, baik sekolah maupun universitas dan Perguruan Tinggi.

"Kondisi tersebut jelas berpengaruh pada pembelian. Makanya, saya bisa pastikan kebutuhan sapi tidak naik, cenderung tetap sama dengan tahun lalu," terangnya.

Menurut Erinaldi, untuk memastikan dan memantau penyaluran sapi dari daerah luar, pihaknya mengaku telah mempersiapkan sebanyak 250 tim kesehatan hewan yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di Sumbar. Tim ini terdiri dari 76 dokter hewan dan 174 tim paramedis hewan.

Selain itu, lima unit pos pengecekan (pos cek poin) juga didirikan di lima Kabupaten yang berbatas langsung dengan provinsi tetangga. "Pengecekan juga dilakukan di tempat penampungan, pasar ternak dan lokasi penjual ternak lainnya," katanya.

Idealnya, usia sapi potong untuk kebutuhan kurban berumur 1,5 tahun atau satu giginya sudah tanggal. Disamping itu, hewan yang layak dikurbankan ... Baca halaman selanjutnya