Korsleting Listrik, Rumah Petani di Padang Ini Terbakar

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja empat karung beras yang ada di dalam rumah ikut terbakar"
Satu unit rumah di kawasan Padang Basi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang terbakar Selasa pagi. (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Satu unit rumah yang ada di RT 4 RW 1, Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Selasa 1 Agustus 2017 sekitar pukul 09.30 WIB terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja empat karung beras yang ada di dalam rumah ikut terbakar.

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF di lapangan, kebakaran itu diduga kuat terjadi karena korsleting arus listrik di rumah milik Samsuir (56), seorang petani. Api dengan cepat menyebar ke seluruh bagian rumah dan langsung menghanguskan bangunan semi permanen 5x5 tersebut.

Saat kejadian, keenam orang penghuni rumah sedang tidak ada. Samsuir tengah berada di sawahnya, sedangkan sang istri berada di Kantor Camat. Begitu juga dengan menantu, anak-anak dan cucunya. "Saya baru tahu kejadian ini dari tetangga, untung di rumah sedang tidak ada orang," papar Samsuir kepada KLIKPOSITIF.

Melihat api sudah mulai membesar, warga yang ada di dekat rumah korban pun berusaha memadamkan api seadanya agar tidak menjalar ke bangunan lainnya. Sebagian lagi menghubungi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang.

Selang 10 menit, dua unit armada pemadam langsung ke lokasi kejadian dan memadamkan api. Namun, tak ada barang yang bisa diselamatkan dari dalam rumah, termasuk empat karung beras hasil panen yang akan dijual. "Kita kesulitan karena rumah korban tidak bisa dilalui mobil," papar Kabid Damkar Kota Padang, Basril.

Akibat kebakaran tersebut, ditaksir kerugian yang diderita oleh korban mencapai Rp75 juta. Saat ini, korban dan keluarganya tinggal di rumah tetangga menunggu tenda bantuan untuk berteduh sementara. "Kita sudah koordinasi dengan pihak Kecamatan agar mau membantu untuk tenda," tutupnya.

[Khadijah]