Anggota DPR RI asal Sumbar Meradang, Ini Penyebabnya

"Permasalahan ini terkait pembatalan bibit padi inpago"
Alex Indra Lukman (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG,KLIKPOSITIF-- Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumbar 1 Alex Indra Lukman meradang atas pembatalan bantuan bibit padi  inpago seluas 1.278 hektare untuk Kabupaten Dharmasraya oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar. Padahal sebelumnya Direktur Pembenihan Tanaman Pangan sudah menyetujui bantuan tersebut. 

Menurutnya, pembatalan itu akan menambah kesengsaraan petani di daerah tersebut. Ia juga menilai pembatalan ini suatu bentuk ketidakpahaman Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi atas persolan daerah, sehingga petani menjadi korban. 

"Dinas provinsi jangan hanya lihat data di meja, turun sana ke lapangan. Lihat kondisinya bagaimana. Jadi, kepada dinas itu jangan jangan hanya duduk dikantor, terus baca angka saja. Gubernur juga harus selektif dong pilih kepala dinas," tegasnya usai Rakerda Partai PDI Perjuangan di Hotel Inna Muara Padang, Selasa 1 Agustus 2017.

Terkait pembatalan ini, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura saat dihubungi KLIKPOSITIF belum bisa menjelaskan secara detail persoalan tersebut. Namun ia berjanji akan mengklarifikasi permasalahan itu pada Rabu 2 Agustus 2017 besok.

“Banyak terjadi simpang siur informasi ini. Besok saya akan klarifikasi,” ujarnya singkat. 

[Joni Abdul Kasir]