Menpan RB : Anak dari Papua Harus Ada yang Diterima di Kementerian

"Penerimaan CPNS untuk formasi peneliti dan dosen akan dibuka"
Menpan RB Asman Abnur (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur memastikan dalam waktu dekat akan dibuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi peneliti dan dosen.

"Dalam waktu dekat akan dibuka penerimaan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Selanjutnya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPTP) serta dosen. Tenaga-tenaga ini yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan untuk merekayasa industri teknologi," ujarnya usai memberikan kuliah umum di Auditorium Universitas Andalas Padang, Selasa 1 Agustus 2017.

Asman melanjutkan, penerimaan dosen juga akan dibuka. Hanya saja menurutnya, jumlah formasi masih menunggu pengajuan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Sedangkan untuk syarat pendaftaran dosen minimum strata 2 dengan usia dibawah 35 tahun.

Terkait pendaftaran penerimaan 19.210 CPNS di lingkungan Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM yang dimulai 1 Agustus 2017, Asman Abnur mengaku telah mengeluarkan edaran terhadap kementerian bersangkutan agar menerima mahasiswa yang lulus dengan predikat cumlaude.

"Dari jumlah kuota formasi CPNS, minimal 10 persen diisi oleh mahasiswa yang cumlaude. Selain itu juga harus mempertimbangkan pendaftar disabilitas selama memenuhi kriteria akademik. Kemudian anak dari Papua harus ada yang diterima di Kementerian," tukasnya.

[Joni Abdul Kasir]