Kepemimpinan Berwawasan Lingkungan, Gubernur Sumbar Terima Nirwasita Tantra 2017

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menyalami Presiden RI, Joko Widodo usai menerima penghargaan Anugrah Nirwasita Tantra 2017
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menyalami Presiden RI, Joko Widodo usai menerima penghargaan Anugrah Nirwasita Tantra 2017 (Humas Pemprov Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat ( Sumbar ) Irwan Prayitno kembali mendapatkan penghargaan tingkat Nasional di bidang lingkungan hidup, yakni Anugrah Nirwasita Tantra 2017 yang diserahkan Presiden RI Joko Widodo, Rabu (2/8) di Jakarta.

Penghargaan Nirwasita Tantra diberikan kepada kepala daerah yang memiliki kepemimpinan untuk selalu mengarahkan pada peningkatan kualitas lingkungan hidup. Penilaian itu dilihat dari program dan praktek di lapangan serta SKLHD, yaitu dokumen dan konsep pimpinan daerah tentang Lingkungan Hidup.

Sebenarnya, Pemprov Sumbar sudah cukup sering menerima penghargaan ini. Pada 2016, Sumbar sebagai Provinsi terbaik urutan ke tiga se Indonesia, sekarang di posisi ke dua se-Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada pemimpin atau kepala daerah yang punya visi-misi lingkungan hidup dan dibuktikan dengan program serta kepemimpinan yang berwawasan lingkungan hidup. Sehingga, ada komitmen pemerintah untuk menjaga lingkungan.

Baca Juga

"Kita bukan mengejar penghargaan , melalui apresiasi ini, prestasi dari buah kerja keras yang telah dilakukan tentu akan menjadi motivasi kita untuk lebih meningkatkan pelayanan dan pelaksanaan pembangunan yang berwawasan lingkungan guna terus memperbaiki kualitas lingkungan hidup," sebut Gubernur Irwan Prayitno usai menerima penghargaan , kemarin.

Dikatakannya, selama ini Sumbar sangat komit dengan program dan terobosan kepala daerah di bidang lingkungan hidup seperti kebersihan, kerapian dan juga keasrian lingkungan. Sehingga banyak Kota dan Kabupaten serta sekolah di Sumbar mendapat penghargaan .

" Penghargaan ini akan memberi motivasi kepada semua pemangku kepentingan baik di Provinsi atau Kabupaten/Kota untuk terus meningkatkan upaya ramah lingkungan di semua bidang, sehingga dapat juga menyejahterakan masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar , Asrizal Asnan menyebutkan, ada tiga Provinsi yang menerima Nirwasita Tantra Award yakni Provinsi Sumbar , Provinsi Jawa Timur dan Provinsi DKI Jakarta. Terpilihnya Sumbar ,  setelah melalui penilaian yang sangat ketat dari 8 (delapan) nominator yang diunggulkan se-Indonesia oleh Tim Independen. 

Pada tahap akhir sebagai nominator Gubernur harus presentasi dan menjawab tanggapan dan pertanyaan dari 8 (delapan) orang Tim Panelis.

Presiden RI Jokowi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya sebuah strategi besar pembangunan hutan yang memiliki dimensi pembangunan ekonomi dan lingkungan. 

Selain Provinsi, terdapat Kabupaten/Kota juga terima Nirwasita Tantra yakni Kabupaten Dharmasraya dan Kota Bukittinggi. Pada Tahun 2017 Provinsi Sumbar bertabur prestasi lingkungan diantaranya 6 Kabupaten/Kota meraih penghargaan Adipura (Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kota Painan dan Kota Sawahlunto), 3 kota meraih sertifikat Adipura (Kota Batusangkar, Kota Lubuk Sikaping dan Kota Solok).

Kemudian,  10 sekolah menerima Adiwiyata Mandiri, yaitu SMPN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, SDN 10 Pauh, Kabupaten Pasaman, SMPN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok, SD Bustanul Ulum Semen Padang Kota Padang, SMPN 25 Kota Padang, MTsN Durian Tarung Kota Padang, SMAN 11 Kota Padang, SMA Adabiah 2 Kota Padang, MAN 1 Kota Padang dan SDN 19 Kampung Baru Kota Pariaman 

Serta tiga jorong pada dua Kabupaten mendapatkan Penghargaan Program Kampung Iklim (PROKLIM) Utama berupa sertifikat, Trophy dan insentif, yaitu Kabupaten Dharmasraya Jorong Sungai Kalang I Nagari Tiumang Kecamatan Tiumang dan Kabupaten Tanah Datar Jorong Jirek Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh dan Jorong Labu Atan Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan.

[Joni Abdul Kasir]

Baca Juga

Penulis: Webtorial

Video Terbaru

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com