Festival Internasional Dragon Boat 2017 Kembali Ditabuh di Padang

"Iven tahunan ini akan diselenggarakan pada 3 sampai 6 Agustus mendatang di banjir kanal GOR Haji Agus Salim Padang"
Iven Internasional Dragon Boat 2017 (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kota Padang kembali menggelar iven tahunan sport tourism yang berlevel Internasional, yaitu Festival Internasional Dragon Boat (FIDB) 2017. Iven tahunan ini akan diselenggarakan pada 3 sampai 6 Agustus mendatang di banjir kanal GOR Haji Agus Salim Padang.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, FIDB 2017 ini akan membuat pariwisata Padang berkembang dengan memanfaatkan potensi sungai yang ada dan mampu membangkitkan pertumbuhan ekonomi Kota Padang dan Sumatera Barat pada umumnya.

"Iven olahraga sekaligus wisata Dragon Boat Padang digelar rutin setiap tahun, sejalan dengan program pemerintah untuk mengembangkan sektor wisata di Sumatera Barat. Kompetisi ini dilakukan untuk memperingati hari lahir Kota Padang yang jatuh pada tanggal 7 Agustus," kata Mahyeldi.

Disebutnya, dragon boat yang dilombakan tersebut mengalami sejumlah penyesuaian, sesuai dengan kaidah budaya dan kearifan lokal. "Padang pernah mendapat penghargaan tertinggi dari Badan Dayung Dunia atau IDF atas penyelenggaraan iven Internasional ini," tuturnya.

Kejuaraan ini akan diikuti oleh peserta lokal dan mancanegara. Sudah ada lima negara yang mendaftar dalam iven ini seperti Malaysia, China, Makau, Filipina dan tuan rumah Indonesia. "Masih ada dua peserta lain, yakni Vietnam dan Australia. Kita masih menunggu hingga tutup pendaftaran," tambah Kadis Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi.

Selain itu, iven ini juga diikuti oleh tim Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) di seluruh Indonesia dan peserta juga berasal dari tim Kesatuan seperti, Polisi, TNI, Satpol PP, BPBD Damkar dan sebagainya. “Target kita peserta sebanyak 30 tim,” ujarnya.

Total hadiah yang berhak diterima oleh para peserta nantinya mencapai Rp190 juta. Ada tiga nomor yang akan diperlombakan, yaitu 22 pendayung kategori putera dan puteri, 12 pendayung kategori putra dan putri serta 22 pendayung mix.

"Kita ... Baca halaman selanjutnya