Kemdikbud: UNBK Tingkat SMP Lebih Siap Dibandingkan SMA

"Anak-anaknya (pesertanya) juga lebih siap"
UNBK tingkat SMP lebih siap dibandingkan UN tingkat SMA (Net)

KLIKPOSITIF - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) lebih siap dibandingkan UN tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Anak-anaknya (pesertanya) juga lebih siap," ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam di Jakarta, Senin 9 Mei 2016.

Ia mengatakan, hal itu berkaitan dengan penguasaan teknologi oleh siswa SMP. "Malahan anak-anak lebih mahir dari gurunya," tuturnya.

UN tingkat SMP/MTs dimulai hari ini Senin (9/5) yang diikuti oleh 4.052.068 siswa dari 52.630 sekolah. Kemudian siswa yang mengikuti paket B sebanyak 162.242 siswa dari 5.757 sekolah dan SMPLB sebanyak 2.242 siswa dari 696 sekolah. "UNBK untuk SMP diikuti 984 sekolah atau 156.320 siswa," tuturnya.

Ia juga Nizam mengingatkan para peserta UN untuk mengutamakan kejujuran. "Prestasi penting, tapi jujur lebih utama," imbuhnya.

Sebelumnya, Mendikbud Anies Baswedan mengingatkan peserta UN tingkat SMP untuk istirahat minimal delapan jam sebelum mengikuti UN.

[Fitria]