Kemenag Pasaman Klaim UN Madrasah Tsanawiyah Berjalan Lancar

"Pelaksanaan UN berjalan lancar. Tidak ada gangguan"
Kemenag Pasaman Klaim UN Madrasah Tsanawiyah Berjalan Lancar (Net)

KLIKPOSITIF - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama siswa MTs negeri dan swasta di Kabupaten Pasaman berjalan lancar.

"Pelaksanaan UN berjalan lancar. Tidak ada gangguan," ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman, Abdel Haq kepada KLIKPOSITIF, Senin 9 Mei 2016.

Hari ini, pihaknya meninjau pelaksanaan UN di MTsN Lubuk Sikaping dan MTs Bonjol. "Peserta UN sebanyak 438 dari kedua sekolah hadir semuanya," tambahnya.

Siswa MTs yang mengikuti UN berada di 12 tempat pelaksana dari 15 sekolah yang ada di Pasaman. "Ada tiga sekolah yang bergabung untuk pelaksanaan UN ini, yakni MTsS PP MIS Cubadak, MTsS Desa Kelabu dan MTsS Yapku," jelasnya.

Ia juga menekankan kepada seluruh guru MTsN dan MTsS di Pasaman agar mengutamakan integritas, kejujuran dan bermartabat dalam pelaksanaan UN nantinya.

"Jangan sekali-kali para guru atau pengawas menolong siswa dengan menunjukan jawaban dari soal yang disajikan. Kalau ingin menolong siswa sebelum ujian, bukan disaat ujian," tegasnya.

Ia menjelaskan, jika ada guru yang ketahuan melakukan hal diatas, maka yang bersangkutan akan diberi sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. "Kita tidak perlu prestasi kalau curang dalam pelaksanaan UN. Sebab siswa itu sendiri nantinya yang akan rugi" katanya.

Ia juga mengaku optimis peserta UN mampu menjawab soal-soal UN nantinya. "Kita optimis mereka bisa," tuturnya.

Hari ini, sebanyak sebanyak 1.547 orang siswa MTs negeri dan swasta mengikuti UN di Pasaman. UN akan dilaksanakan hingga Kamis, 12 Mei 2016.

[Man St Pambangun]