Serahkan Beasiswa Baznas, Gubernur Sumbar Meradang

"Saya memberikan nasihat, kok masih banyak yang ribut? Atau memang tidak perlu nasehat. Harusnya tahu diri, kita tidak mampu"
ilustrasi beasiswa (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Emosi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno tersulut saat memberikan paparan di depan ratusan pelajar dan mahasiswa yang menerima beasiswa Baznas, Kamis pagi. Irwan merasa diacuhkan karena terdengar suara ribut dari para mahasiswa. Bahkan, dia mengancam bakal mencoret nama-nama mahasiswa yang ribut tersebut.

"Saya memberikan nasihat, kok masih banyak yang ribut? Atau memang tidak perlu nasehat. Harusnya tahu diri, kita tidak mampu. Bagaimana mau berubah, diberi nasihat saja tidak mau. Atau saya coret sekalian namanya biar tidak dapat beasiswa," hardik Gubernur sembari melihat ke arah barisan duduk perempuan.

Seharusnya, pemberian zakat ini menjadi motivasi dan memacu semangat mahasiswa untuk mengejar cita-cita. Sehingga, jika hari ini statusnya sebagai Mustahiq di masa mendatang, harus berubah menjadi Muzakki. "Doakan para Muzakki selalu banyak rezeki. Yang paling banyak zakatnya di Baznas adalah pegawai Pemprov, mencapai 90 persen," katanya.

Disamping itu, Gubernur kembali mewanti-wanti agar uang zakat tersebut betul-betul dibelanjakan sesuai dengan keperluan kuliah, seperti, buku, tugas-tugas kampus dan sebagainya. Sehingga, saling bermanfaat antara pemberi dan penerima zakat. "Kalau sasarannya tepat, yang memberi zakat dapat pahala, yang menerima juga dapat manfaat," tegas Irwan Prayitno.

Setidaknya, sebanyak 630 orang mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Sumbar mendapat beasiswa dari program "Sumbar Cerdas" oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sumbar. Setidaknya, masing-masing penerima zakat mendapat bantuan Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta.

Panitia Pelaksana pemberian zakat, Syafruddin Kharimi mengatakan, total dana zakat yang didistribusikan tahap pertama ini mencapai Rp1,5 miliar lebih. Mayoritas penerima zakat adalah mahasiswa di setiap Perguruan Tinggi maupun Universitas di Sumbar.

Namun, mahasiswa UIN IB Padang masih mendominasi. Sebab, pihak Kampus telah memiliki ... Baca halaman selanjutnya