Syahiran Akui Pasbar Masih Masuk Daerah Tertinggal, Ini Penyebabnya

"salah satu faktor yang mempengaruhi status ketertinggalan daerah adalah akses transportasi, khususnya pembangunan jalan dan jembatan."
Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Syahiran (KLIKPOSITIF/Joni)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Syahiran bertekad keluar dari status tertinggal yang masih disandang daerahnya. Untuk itu berbagai upaya dilakukan diantaranya dengan melakukan pembangunan, namun beberapa kendala masih saja ditemui.

"Kami sudah memprioritaskan pembangunan jalan dan jembatan pada daerah tertinggal. Namun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan diantaranya pembangunan dua unit jembatan dengan bentang yang besar dan status lahan Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan yang tidak memungkinkan pembangunan jalan untuk menerobos ketertinggalan dibeberapa daerah," ujarnya usai Rapat Koordinasi Gubernur Sumatera Barat dengan bupati walikota, Kamis (10/8) di Auditorium Gubernuran.

Menurut Syahiran, salah satu faktor yang mempengaruhi status ketertinggalan daerah adalah akses transportasi, khususnya pembangunan jalan dan jembatan.

Dikatakannya, sangat dibutuhkan pembangunan jembatan bentang besar, yakni jembatan Batang Masang di Nagari Katiagan, Kecamatan Kinali dengan betang 120 meter dan jembatan Batang Sikilang, Kecamatan Suangai Aur dengan bentang 120 meter.

"Pembangunan dua unit jembatan ini sangat membutuhkan dana yang besar sehingga APBD Pasaman Barat tidak mampu membiayai pelaksanaan pembangunan ini," katanya.

Tidak hanya itu, pembangunan jalan juga terkendala dengan status lahan yang dikuasai oleh pemegang HGU, sehingga beberapa daerah seperti Mandiangin dan Sikabau belum terbuka akses jalannya.

"Dimohonkan intervensi pendanaan dari APBD Provinsi Sumbar dan juga APBN dalam pembangunan kedua jembatan bentang besar ini. Sedangkan, mengatisipasi permasalahan rencana pembangunan jalan yang melewati HGU perusahaan perlu dilakukan kajian yang serius," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan, Pemprov Sumbar sangat berharap Pasaman barat keluar dari daerah dengan status tertinggal.

"Mungkin ada dukungan jembatan seperti ini ... Baca halaman selanjutnya